Ini yang Terjadi pada Tubuh apabila Kebanyakan Makan Saat Sahur...

Kompas.com - 12/05/2020, 16:24 WIB
ilustrasi makan Shutterstock/simona pilolla 2ilustrasi makan

KOMPAS.com - Bagi umat Muslim yang tengah menjalani ibadah puasa, waktu berbuka dan sahur merupakan waktu yang dinanti untuk mengisi energi sebelum dan setelah menjalankan puasa.

Namun, hal yang perlu diperhatikan saat menyantap makanan adalah porsi yang dikonsumsi.

Apabila mendekati waktu Imsakiyah, orang cenderung akan mengonsumsi banyak makanan dalam waktu singkat.

Padahal kondisi ini menimbulkan rasa kekenyangan yang berlebih.

Baca juga: Berbuka Puasa dengan Gorengan, Amankah?

Lantas, apa dampak yang terjadi pada tubuh apabila makan sahur kekenyangan?

Dokter Ahli Gizi Samuel Oetoro MS, SpGK mengungkapkan, gejala klinis dari seseorang yang telalu banyak makan atau kekenyangan dapat menimbulkan begah.

"Lambung itu sebenarnya ada bagian-bagiannya, 1/3 makanan, 1/3 air, dan 1/3 paling atas udara. Jika jika makan melebihi 1/3 bagian, maka lambung akan mendorong ke atas dan akibatnya sendawa," ujar Samuel saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/5/2020).

Apabila sudah sendawa, pada kondisi tertentu perut akan terasa begah dan tidak akan nyaman jika kondisi ini berlarut saat menjalankan puasa.

Sementara itu, komposisi makanan yang dapat menimbulkan rasa kekenyangan bisa berupa karbohidrat.

Umumnya orang Indonesia banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi putih, mi, bihun, roti dan lainnya.

Baca juga: Suntik Insulin Saat Bulan Ramadhan, Batalkah Puasanya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X