Soal Suara Dentuman di Jateng, Berikut Analisis Lapan...

Kompas.com - 12/05/2020, 09:56 WIB
Ilustrasi Surrey Space Center/University of SurreyIlustrasi

KOMPAS.com - Media sosial ramai dengan adanya kabar soal suara dentuman yang terdengar di wiilayah Jawa Tengah pada Senin (11/5/2020).

Sejumlah warganet mengaku mendengar suara dentuman sejak pukul 10.00 WIB dan dini hari.

Diketahui, suara tersebut terdengar di Grobogan, Sragen, dan Solo.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa suara tersebut bukan berasal dari gempa tekonik.

Sebab, pihaknya tidak mencatat adanya aktivitas seismik (gempa tektonik) baik yang dipicu oleh aktivitas sesar lokal maupun aktivitas zona subduksi.

Lantas, apakah sumber suara dentuman dimungkinkan bersumber dari langit?

Menanggapi hal itu, Kepala Pusat Sains Antariksa dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan), Clara Yatini mengungkapkan, terkait sumber suara dentuman, pihaknya belum mengetahui sumber pastinya.

Namun, ia menganalisis, umumnya suara dentuman berasal dari sampah antariksa yang jatuh ke bumi.

"Saya tidak tahu sumbernya dari mana, kalau dari sisi antariksa, kami tidak mendeteksi adanya sampah antariksa yang jatuh ke bumi," ujar Clara saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/5/2020).

Menurutnya, sampah antariksa yang dimonitoring oleh pihak Lapan adalah benda antariksa buatan yakni satelit yang sudah tidak berfungsi lagi dan juga bagian dari roket peluncur.

"Sampah antariksa di sini bukan hanya satelit yang tidak berfungsi, tapi bisa juga bagian/pecahan roket peluncur," lanjut dia.

Baca juga: Mengenal Keiji Fujiwara, Pengisi Suara Ayah Shin-chan yang Meninggal karena Kanker

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X