Kompas.com - 11/05/2020, 12:15 WIB
Bob Marley. AFPBob Marley.

KOMPAS.com - Hari ini 39 tahun lalu, tepatnya 11 Mei 1981, penyanyi Bob Marley meninggal dunia.

Beberapa hari setelah konser megahnya di Madison Square Garden pada 19-20 September 1980, Bob Marley ambruk saat sedang jogging di Central Park, New York.

Saat dibawa ke rumah sakit, dokter menyatakan bahwa kanker yang berawal dari jari kakinya telah menjalar hingga ke otak, hati, dan paru-parunya.

Seluruh jadwal turnya dibatalkan dan Bob Marley dibawa ke sebuah klinik di Jerman untuk mendapat perawatan dari ahli kanker Dr Jossef Issels.

Setelah delapan bulan dirawat di Jerman dan tidak kunjung menunjukkan tanda-tanda membaik, Bob Marley minta agar dia dipulangkan ke Jamaika.

Dalam penerbangan ke Jamaika, kondisi Bob Marley memburuk dan ketika mendarat di Miami, dia dilarikan ke RS Cedars of Lebanon.

Bob meninggal dunia pada 11 Mei 1981 dalam usia 36 tahun.

Penyebab kematiannya adalah kanker yang telah menyebar ke paru-paru dan otaknya. Sebelum meninggal dunia, Bob Marley sempat memberikan pesan terakhir untuk putranya Ziggy.

"Uang tak bisa membeli kehidupan," kata Bob Marley kepada putranya.

Baca juga: Zimbabwe Berencana Dirikan Patung Bob Marley

Drop out dari sekolah demi musik

Bob Marley dan The Wailers dalam salah satu konser mereka di Eropa pada 1970-an.BBC Bob Marley dan The Wailers dalam salah satu konser mereka di Eropa pada 1970-an.
Melansir History, Nesta Robert Marley dilahirkan di St Ann Parish, Jamaika pada 6 Februari 1945.

Ayahnya seorang perwira angkatan laut berkulit putih dan ibunya adalah gadis Jamaika berkulit hitam berusia 18 tahun.

Saat berusia 9 tahun, Bob Marley pindah ke Trench Town, kawasan permukiman yang terkenal keras di sisi barat Kingston, Ibu Kota Jamaika.

Di sana, Bob Marley berkenalan dengan orang-orang yang kemudian menjadi sahabatnya, Neville "Bunny" Livinstone alias Bunny Wailer dan Peter McIntosh alias Peter Tosh.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Sumber History
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.