Cara Turki Atasi Virus Corona: Terjunkan 6.000 Tim Pelacak Setiap Hari

Kompas.com - 10/05/2020, 09:35 WIB
Petugas medis mengenakan pakaian pelindung mengawal perempuan yang diduga terinfeksi virus corona di Istanbul, Turki, pada 12 April 2020. AFP/OZAN KOSEPetugas medis mengenakan pakaian pelindung mengawal perempuan yang diduga terinfeksi virus corona di Istanbul, Turki, pada 12 April 2020.

KOMPAS.com - Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD), dua dokter menaiki tangga untuk menguji seorang wanita yang telah melakukan kontak dengan pasien virus corona di Istanbul.

Meski tampak terganggu dengan penampilan pria berbaju APD lengkap, penduduk di distrik Fatih menjawab pertanyaan mereka sebelum diuji.

Ia kemudian akan mendapat hasilnya pada hari berikutnya.

Baca juga: Gejala Baru Virus Corona, Muncul Ruam pada Kaki Pasien Positif Covid-19

Di Turki, hampir 6.000 tim pelacak yang berasal dari profesional kesehatan diterjunkan untuk melacak kasus Covid-19 potensial setiap harinya, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (9/5/2020).

Mereka mengidentifikasi dan menindaklanjuti orang-orang yang telah melakukan kontak dengan pasien.

Dengan menemukan kasus-kasus baru yang kemudian dengan cepat diisolasi dan dirawat, Pemerintah Turki menyebut pelacakan itu telah banyak membantu mereka dalam menahan dan membatasi jumlah kematian akibat virus corona.

Baca juga: Kenali Masa Inkubasi Virus Corona di Dalam Tubuh, Berapa Lama?

Perang melawan wabah

Ilustrasi bandara Istanbul, Turki. SHUTTERSTOCK/SUBODH AGNIHOTRI Ilustrasi bandara Istanbul, Turki.

Meski beberapa pengamat mempertanyakan kebenaran angka resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, angka kematian di Turki bahkan relatif rendah dengn 3.641 kasus mengingat jumlah infeksi di negara itu mencapai 133.700.

Menteri Keseharan Fahrettin Koca percaya bahwa pelacakan adalah kunci utama kesuksesan Turki dalam perang melawan wabah tersebut.

Menurutnya, Setiap proses penelusuran mengindentifikasi rata-rata 4,5 orang yang telah melakukan kontak dengan pasien.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X