Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Extra Mentem Sanam, Corpus Sanum

Kompas.com - 09/05/2020, 10:34 WIB
Latihan beban gpointstudioLatihan beban


INDUSTRI olahraga mengeksploitir semboyan men sana in corpore sano (di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat) sebagai slogan utama promosi penjualan produk perlengkapan olahraga.

Kesehatan ragawi diberhalakan sehingga jauh lebih penting ketimbang kesehatan batin.

Kesehatan ragawi

Diyakini bahwa di dalam tubuh yang sehat (karena membeli peralatan olahraga) pasti terdapat jiwa yang sehat padahal pada kenyataan di dalam tubuh yang sehat belum tentu ada jiwa yang sehat.

Di dalam rumah sakit jiwa di mana para pasien rata-rata memiliki tubuh yang sehat namun jiwa mereka justru sedang tidak sehat.

Di dalam penjara juga banyak narapidana bertubuh sehat namun jiwa mereka sakit terbukti tidak segan melanggar hukum.

Hitler, Stalin, Caligula, Nero, Idi Amin, Al Capone dan yang sejenis dengan mereka juga bertubuh sehat-walafiat namun jiwa mereka rusak sehingga tanpa ragu tega menewaskan jutaan nyawa manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya semula pameo men sana in corpore sano merupakan cemooh terhadap para gladiator zaman Romawi yang raganya memang perkasa namun kesehatan batinnya diragukan.

Memang secara kelirumologis keabsahan men sana in corpore sano senantiasa bisa diperdebatkan.

Kesehatan jiwa

Justru di masa pagebluk Corona di mana upaya preventif menjadi tidak kalah penting ketimbang kuratif, timbul kesadaran umat manusia bahwa kesehatan jiwa tidak mutlak tergantung pada kesehatan tubuh.

Justru para ilmuwan kesehatan di dalam maupun di luar WHO meyakini bahwa jiwa yang sehat mampu meningkatkan daya tahan tubuh melawan gangguan penyakit termasuk penyakit saluran pernafasan akibat Corona.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.