Saat Anak-anak Qatar Rayakan Tradisi Mirip "Halloween" pada Masa Pandemi

Kompas.com - 08/05/2020, 20:45 WIB
Perayaan Festival Garangao di Qatar. Pada festival ini anak-anak akan memakai pakaian tradisional dan berkeliling untuk meminta permen dan makanan ringan, mirip dengan tradisi Halloween di Amerika Serikat dan Eropa. The Peninsula QatarPerayaan Festival Garangao di Qatar. Pada festival ini anak-anak akan memakai pakaian tradisional dan berkeliling untuk meminta permen dan makanan ringan, mirip dengan tradisi Halloween di Amerika Serikat dan Eropa.

KOMPAS.com - Anak-anak di Qatar diizinkan merayakan tradisi Garangao pada Kamis (7/5/2020) malam waktu setempat dengan tetap mematuhi aturan jarak fisik yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Melansir Al Jazeera (7/5/2020) Hal tersebut disampaikan secara resmi oleh Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Qatar.

Garangao adalah festival anak-anak yang dirayakan pada hari ke 14 bulan suci Ramadhan di Timur Tengah setelah jam buka puasa.

Baca juga: Venue Piala Dunia 2022 Qatar Mulai Ternodai Covid-19

Budaya pengambilan mutiara laut

Di Qatar, tradisi ini konon mengakar pada budaya pengambilan mutiara laut di negara-negara Teluk.

Pada hari Garangao, anak-anak yang mengenakan pakaian tradisional berkeliling di lingkungan sekitar rumah mereka untuk mengumpulkan permen, kacang-kacangan, dan makanan ringan lainnya sepanjang malam.

Tradisi tersebut mirip dengan perayaan Halloween yang populer di Amerika Serikat dan Eropa.

Namun, akibat pandemi virus corona, tradisi ini dipersiapkan secara berbeda tahun ini.

Sebagai ganti karena tidak bisa keluar rumah, armada bus telah dipersiapkan untuk membagikan makanan ringan kepada anak-anak di rumah mereka.

Kendaraan tersebut juga akan dilengkapi dengan pengeras suara yang memutar lagu-lagu tradisional Garangao.

Baca juga: Festival Oktoberfest di Jerman Dibatalkan karena Pandemi Virus Corona

Halaman:

Sumber Aljazeera
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X