Kompas.com - 08/05/2020, 11:27 WIB
Restoran McDonalds di Gedung Sarinah, Jalan Thamrin banyak pengunjungnya (Foto diambil 29 Maret 1991). McDonalds merupakan waralaba rumah makan siap saji terbesar di dunia. KOMPAS/JULIAN SIHOMBINGRestoran McDonalds di Gedung Sarinah, Jalan Thamrin banyak pengunjungnya (Foto diambil 29 Maret 1991). McDonalds merupakan waralaba rumah makan siap saji terbesar di dunia.

KOMPAS.com - Restoran pertama McDonald's di Indonesia, tepatnya di pusat perbelanjaan Sarinah akan ditutup pada Minggu (10/5/2020) mendatang.

Penutupan secara permanen restoran cepat saji tersebut dilakukan setelah 30 tahun beroperasi. 

Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald's Indonesia Michael Hartono mengatakan, pihak manajemen pusat perbelanjaan Sarinah akan melakukan renovasi dan perubahan strategi bisnis.

"Kami menyadari restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami namun juga bagi konsumen kami," kata Michael seperti dalam keterangan resminya kepada Kompas.com, Jumat (8/5/2020).

Untuk diketahui, McDonald's Sarinah merupakan tonggak awal ekspansi restoran cepat saji asal Amerika Serikat itu di Indonesia.

Baca juga: Daftar BUMN yang Punya Bisnis Hotel

Bagaimana ceritanya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kisah berdirinya

McDonalds Sarinah Thamrin, Jakarta PusatTwitter/@duwiry McDonalds Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat

Adalah Bambang N Rachmadi, mantan Presiden Direktur Bank Panin yang berada di balik berdirinya McDonald's pertama di Indonesia.

Dikutip dari Harian Kompas, 11 Februari 1998, Bambang secara mendadak menyampaikan permohonannya untuk berhenti dari jabatannya sebagai presiden direktur atas kemauannya sendiri.

Ketika menjabat sebagai presiden direktur, pria yang akrab dipanggil Tony itu sering didatangi nasabah untuk meminta nasihatnya tentang cara memutar uang.

"Banyak di antara nasabah yang mengikuti nasehat saya ternyata berhasil," kata Tony.

Dari situ, Tony kemudian mulai berpikir: "Bagaimana seandainya gagasan-gagasan bagus yang membuat orang lain berhasil itu dikerjakan sendiri?"

Baca juga: Sejarah Hari Buruh di Indonesia, Dulunya Dilarang Kini Jadi Hari Libur Nasional

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.