Kasus Covid-19 Capai 10.000, Filipina Akan Lakukan Uji Coba Obat Avigan

Kompas.com - 06/05/2020, 19:18 WIB
Butiran tablet Avigan (nama generik: Favipiravir), obat yang sedang diuji coba untuk mengobati penyakit Covid-19. Obat ini diproduksi oleh Toyama Chemical Co., anak perusahaan Fujifilm Holdings Company. Issei Kato/REUTERSButiran tablet Avigan (nama generik: Favipiravir), obat yang sedang diuji coba untuk mengobati penyakit Covid-19. Obat ini diproduksi oleh Toyama Chemical Co., anak perusahaan Fujifilm Holdings Company.

KOMPAS.com - Setidaknya 100 pasien positif virus corona Covid-19 di Filipina dikabarkan akan diberikan obat flu Avigan dari Jepang.

Mengutip Al Jazeera, 6 Mei 2020, menurut Departemen Kesehatan, pemberian obat ini merupakan bagian dari uji klinis dalam mengobati penyakit menular tersebut.

"Saat ini, Departemen Kesehatan Filipina tengah menyiapkan protokol untuk memilih pasien yang akan diberi obat ini" kata Wakil Sekretaris Maria Rosario Vergeire.

Menurutnya, uji coba klinis ini direncanakan akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang.

"Pemerintah Jepang menyediakan pasokan obat untuk 100 pasien. Kami pun telah memiliki izin dari berbagai negara di negara ini" tambah dia. 

Baca juga: Risma Telepon Satu Per Satu Pasien OTG, ODP, PDP dan Positif Corona

Hingga kini, jumlah kasus virus corona di Filipina sendiri telah mencapai lebih dari 10.000 kasus. 

Departemen Kesehatan melaporkan adanya 320 kasus baru yang membuat total kasus virus corona di Filipina menjadi sebanyak 10.004 kasus.

Selain itu, juga diaporkan 21 kasus kematian baru, sehingga jumlah pasien yang meninggal kini adalah 658 orang.

Adapun jumlah pasien sembuh juga bertambah 98 orang. Oleh karena itu, jumlah total pasien sembuh menjadi sebanyak 1.506 orang.

Baca juga: Dampak Corona, Zaskia Sungkar dan Irwansyah Tunda Program Bayi Tabung

Perkembangan obat Covid-19

Selain uji coba Avigan dari Jepang yang akan dilakukan oleh Filipina, sejumlah negara atau pun pihak terkait juga terus berlomba-lomba untuk menemukan penyembuhan yang tepat bagi pasien Covid-19.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X