Setelah 150 Tahun, Beruang Coklat Terlihat Lagi di Galicia, Spanyol

Kompas.com - 05/05/2020, 06:30 WIB
Beruang cokelat di Spanyol screenshootBeruang cokelat di Spanyol

KOMPAS.com - Seekor beruang coklat telah terlihat melintasi wilayah barat laut Spanyol yang berpenduduk sedikit dan terekam kamera video.

Kejadian munculnya beruang dan terekam di daerah tersebut ditengarai menjadi yang pertama kalinya dalam 150 tahun berkat serangkaian jebakan kamera dan sedikit keberuntungan.

Gambar binatang itu ditangkap di kamera yang dibuat oleh kru yang merekam film Montaña ou Morte (Gunung atau Maut) di Taman Nasional Invernadeiro di Provinsi Ourense, Galicia.

Baca juga: Saat Beruang Madu Lepas Berkeliaran 6 Jam, Ditemukan di Pekarangan Warga

Pertama kalinya dalam 150 tahun

Meskipun daerah itu adalah rumah bagi serigala, rusa, dan babi hutan, ini diyakini pertama kalinya beruang coklat terlihat pada lebih dari satu abad.

" Beruang itu, jantan berusia antara tiga dan lima tahun, adalah yang pertama difilmkan di daerah itu dan mungkin yang pertama melintasi wilayah itu dalam 150 tahun terakhir," kata perusahaan produksi Zeitun Films dikutip dari Guardian (3/5/2020).

Menurut dua penjaga satwa liar setempat yang bertugas sebagai penasihat dalam film tersebut, beruang menghabiskan seluruh musim dingin di taman.

Beruang itu mungkin melintas setelah membuat jalan ke selatan dari pegunungan Sierra del Caurel.

Dua penjaga, Ricardo Prieto Rochas dan Tomás Pérez Hernández, mengatakan, waktu hewan di taman itu menunjukkan kawasan tersebut bisa menjadi tempat bermain bagi spesies lain.

“Pekerjaan konservasi selama bertahun-tahun di Taman Nasional Invernadeiro memungkinkannya menjadi habitat yang cocok untuk beruang coklat,” pernyataan tersebut menambahkan.

Baca juga: Inilah Tardigrade, Beruang Air yang Dibawa ke Bulan dan Selamat

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X