Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 150 Tahun, Beruang Coklat Terlihat Lagi di Galicia, Spanyol

Kompas.com - 05/05/2020, 06:30 WIB
Rizal Setyo Nugroho

Penulis

KOMPAS.com - Seekor beruang coklat telah terlihat melintasi wilayah barat laut Spanyol yang berpenduduk sedikit dan terekam kamera video.

Kejadian munculnya beruang dan terekam di daerah tersebut ditengarai menjadi yang pertama kalinya dalam 150 tahun berkat serangkaian jebakan kamera dan sedikit keberuntungan.

Gambar binatang itu ditangkap di kamera yang dibuat oleh kru yang merekam film Montaña ou Morte (Gunung atau Maut) di Taman Nasional Invernadeiro di Provinsi Ourense, Galicia.

Baca juga: Saat Beruang Madu Lepas Berkeliaran 6 Jam, Ditemukan di Pekarangan Warga

Pertama kalinya dalam 150 tahun

Meskipun daerah itu adalah rumah bagi serigala, rusa, dan babi hutan, ini diyakini pertama kalinya beruang coklat terlihat pada lebih dari satu abad.

"Beruang itu, jantan berusia antara tiga dan lima tahun, adalah yang pertama difilmkan di daerah itu dan mungkin yang pertama melintasi wilayah itu dalam 150 tahun terakhir," kata perusahaan produksi Zeitun Films dikutip dari Guardian (3/5/2020).

Menurut dua penjaga satwa liar setempat yang bertugas sebagai penasihat dalam film tersebut, beruang menghabiskan seluruh musim dingin di taman.

Beruang itu mungkin melintas setelah membuat jalan ke selatan dari pegunungan Sierra del Caurel.

Dua penjaga, Ricardo Prieto Rochas dan Tomás Pérez Hernández, mengatakan, waktu hewan di taman itu menunjukkan kawasan tersebut bisa menjadi tempat bermain bagi spesies lain.

“Pekerjaan konservasi selama bertahun-tahun di Taman Nasional Invernadeiro memungkinkannya menjadi habitat yang cocok untuk beruang coklat,” pernyataan tersebut menambahkan.

Baca juga: Inilah Tardigrade, Beruang Air yang Dibawa ke Bulan dan Selamat

Spesies dilindungi

Beruang coklat telah menjadi spesies yang dilindungi di Spanyol sejak tahun 1973.

Dalam upaya untuk mengonsolidasikan populasi beruang di Pyrenees antara Perancis dan Spanyol, beruang coklat dari Slovenia telah diperkenalkan selama dua dekade terakhir.

Satu tahun lalu, salah satu beruang--yang dikenal sebagai Goiat, yang berarti "anak" dalam dialek lokal--telah membuat marah petani di Catalonia barat laut dengan memangsa kuda, domba, dan kambing mereka, serta menghancurkan sarang lebah.

Goiat juga dianggap bertanggung jawab atas serangkaian serangan baru-baru ini terhadap domba di wilayah tetangga Aragón, yang memperkuat seruan agar dia dikeluarkan dari daerah itu.

"Dia beruang yang perilakunya sangat predator," kata Ferran Miralles, direktur jenderal kebijakan lingkungan di pemerintah daerah Catalan.

"Dia tidak agresif atau berbahaya bagi orang-orang, tetapi dia ketika datang ke peternakan. Khususnya dan mengejutkan, ketika datang ke kuda. Mayoritas serangan beruang adalah pada domba dan kambing," lanjut Miralles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com