Berkaca dari Vaksin HIV, Bagaimana jika Vaksin Corona Tidak Berhasil Ditemukan?

Kompas.com - 03/05/2020, 19:12 WIB
Ilustrasi social distancing ShutterstockIlustrasi social distancing

KOMPAS.com - Saat ini satu-satunya harapan umat manusia untuk menghentikan pandemi virus corona adalah penemuan vaksin yang bisa memberikan imunitas atas virus tersebut.

Namun, ada sebuah kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi, yakni tidak adanya vaksin yang berhasil dikembangkan.

Jika ini terjadi, alih-alih memusnahkan Covid-19, manusia mungkin malah beradaptasi dan belajar untuk hidup dengannya.

Kota-kota perlahan-lahan akan dibuka kembali dan beberapa kebijakan pencegahan akan dilonggarkan.

Baca juga: Bill Gates: Butuh 7 hingga 14 Miliar Vaksin untuk Bebas Virus Corona

Pengujian dan penelusuran fisik akan menjadi bagian dari kehidupan manusia dan perintah untuk mengisolasi diri bukan lagi hal yang mengejutkan bagi masyarakat.

Sistem kesehatan akan berkembang tetapi wabah penyakit ini masih dapat terjadi setiap tahun, diikuti dengan angka kematian global akan terus meningkat.

Kemungkinan ini sangat jarang diungkapkan oleh politisi, yang selalu berbicara secara optimis tentang uji coba vaksin terhadap manusia.

Tetapi, kemungkinan ini ditanggapi dengan sangat serius oleh banyak ahli karena hal ini pernah terjadi beberapa kali sebelumnya.

Baca juga: Tanpa Vaksin Virus Corona, Pebulu Tangkis India Ragu Turnamen Bisa Dilanjutkan

"Ada beberapa virus yang saat ini masih belum ditemukan vaksin untuk melawannya. Kami tidak dapat membuat asumsi mutlak bahwa vaksin corona akan berhasil ditemukan atau jika memang ditemukan, apakah vaksin itu akan lolos dari semua prosedur uji coba," kata Dr David Nabarro, seorang profesor kesehatan global di Imperial College London, dilansir dari CNN International (3/5/2020).

"Masyarakat di mana pun mereka berada saat ini perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi virus corona sebagai ancaman konstan, dan untuk dapat menjalani kehidupan sosial dan aktivitas ekonomi dengan virus di tengah-tengah masyarakat," kata Nabarro.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Pembuatan Vaksin Corona Butuh Waktu yang Lama

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X