Mengintip Jejak Bupati Klaten Sri Mulyani, dari Bagi-bagi Nmax hingga Heboh Hand Sanitizer

Kompas.com - 28/04/2020, 09:32 WIB
Bupati Klaten, Sri Mulyani (kiri), stiker di hand sanitizer yang viral di media sosial (kanan). Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya, Twitter/@LaodeMSyariefBupati Klaten, Sri Mulyani (kiri), stiker di hand sanitizer yang viral di media sosial (kanan).

KOMPAS.com - Bupati Klaten Sri Mulyani kembali mendapat sorotan tajam akibat penempelan fotonya di hand sanitizer bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos)

Jagat media sosial Twitter juga turut diramaikan akibat foto Sri Mulyani yang tertempel di hand sanitizer tersebut.

Sebelum menjabat sebagai Bupati, Sri Mulyani adalah Wakil Bupati Klaten mendampingi Sri Hartini.

Keduanya dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Klaten periode 2016-2021.

Namun, di tengah jalan Sri Mulyani "naik pangkat" menjadi Bupati karena Sri Hartini tersandung kasus korupsi jual beli jabatan. Pada Desember 2016, Bupati Klaten Sri Hartini  tertangkap tangan dalam operasi KPK.

Baca juga: Saat Perangkat Desa dan Bupati Gunakan NMAX dan Rubicon...

Berikut sekilas perjalanan Sri Mulyani:

Dinasti politik

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik Bupati Klaten Sri Mulyani di Semarang, Senin (27/11/2017). Kepada Bupati Klaten baru itu, Ganjar berpesan agar melakukan reformasi birokrasi dan melawan semua bentuk praktik korupsi. 
Kompas.com/Andi Kaprabowo Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik Bupati Klaten Sri Mulyani di Semarang, Senin (27/11/2017). Kepada Bupati Klaten baru itu, Ganjar berpesan agar melakukan reformasi birokrasi dan melawan semua bentuk praktik korupsi.

Dilansir Harian Kompas, 31 Desember 2016, Bupati Klaten periode 2016-2021 Sri Hartini adalah kepala daerah produk dari politik dinasti.

Suaminya, Haryanto Wibowo, merupakan Bupati Klaten periode 2000-2005.

Hartini juga pernah menjadi wakil bupati periode 2010-2015 mendampingi Sunarna, bupati periode 2005-2015.

Wakil Bupati Klaten Sri Mulyani periode 2016-2021 yang saat ini menjadi Bupati Klaten merupakan istri dari Sunarna.

Baca juga: Viral Cekcok antara Pengemudi Mobil dengan Pengendara Motor di Klaten

Harta kekayaan

Dalam perjalanannya sejak awal mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati hingga kemudian menjadi Bupati, jumlah harta kekayaan Sri Mulyani terus melejit.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diunduh dari laman elhkpn.go.id pada tahun 2015, total harta kekayaan Sri Mulyani saat mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Klaten sebesar Rp 2.930.270.352.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X