Mengenal Makanan Favorit dan Pola Hidup Sehat Nabi Muhammad SAW

Kompas.com - 26/04/2020, 21:12 WIB
Ilustrasi madu ALLEKOIlustrasi madu

KOMPAS.com - Tubuh yang sehat tidak bisa dilepaskan dari pola makan dan pola hidup yang tepat. Dalam hal ini, kita bisa mencontoh Nabi Muhammad SAW.

Sepanjang hidupnya, Beliau diriwayatkan hanya pernah menderita sakit dua kali seumur hidupnya. Pertama akibat diracun oleh seorang wanita Yahudi dan yang kedua adalah sakit saat menjelang wafat.

Meneladani pola makan nabi bisa dimulai dengan mengenali makanan favorit beliau. Seperti halnya manusia pada umumnya, Nabi Muhammad SAW juga memiliki beberapa makanan yang sangat disukainya.

Baca juga: Berkunjung ke Makam Sahabat Nabi Muhammad di Guangzhou

Makanan kesukaan Nabi

Melansir NU Online (26/12/2018) makanan favorit nabi yang pertama adalah tharid yaitu masakan kaldu dengan isian utamanya kacang chickpea ata kacang Arab. 

Bisa dibilang, tharid merupakan hidangan paling disukai Rasulullah. Hal ini juga disebutkan dalam buku Medieval Cuisine of the Islamic World: A Concise History with 174 Recipes (Lilia Zaouali, 2007).

Selain tharid, makanan kedua yang disenangi Rasulullah adalah daging bagian kaki dan paha kambing. Rasulullah juga sangat menggemari daging kambing, khususnya bagian lengan atau kaki depan dan pahanya.

Menurut hadits yang diriwayatkan Bukhari dari Qadhi Iyadh, Rasulullah menyukai daging bagian kaki dan paha karena bagian itu aromanya yang khas, rasanya yang manis, dan jauh dari tempat berbahaya.

Makanan ketiga yang disukai adalah talbinah. Talbinah adalah sejenis sup yang terdiri dari lemak, gandum, madu, dan sayur hijau.

Merujuk buku Sehat Ala Nabi: 365 Tips Sehat Sesuai Ajaran Rasulullah (Mohammad Ali Toha Assegaf, 2015), talbinah baik untuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengembalikan keseimbangan tubuh yang terganggu,dan memberikan kekuatan karena mengandung energi yang tinggi.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X