Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 5 Saran Bill Gates untuk Akhiri Wabah Virus Corona

Kompas.com - 26/04/2020, 14:27 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Miliarder dunia pendiri perusahaan Microsoft, Bill Gates menyebut bahwa pandemi virus corona saat ini masih jauh dari kata selesai, khususnya di Amerika Serikat.

Gates percaya bahwa masih butuh beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun hingga produksi vaksin skala besar bisa dilakukan dan keadaan kembali normal.

Meski demikian, Gates berharap bahwa vaksin virus corona bisa segera ditemukan.

Baca juga: Wabah Virus dan 15 Ramalan Bill Gates yang Menjadi Kenyataan

"Akan butuh waktu, hingga keadaan kembali normal. Biasanya vaksin butuh waktu lebih dari 5 tahun untuk dikembangkan karena proses pengembangannya yang rumit," kata Gates seperti dilansir dari CNBC (24/4/2020).

Gates mendesak negara-negara di dunia untuk mengedepankan perawatan, pengetesan dan pelacakan kontak sebelum memutuskan untuk membuka kembali ekonominya.

Menurut Gates, situasi ini sama dengan keadaan Perang Dunia II.

Baca juga: Bill Gates Kembali Bersuara soal Vaksin dan Akhir Pandemi Covid-19

"Selama Perang DUnia II, sejumlah inovasi penting, seperti radar, torpedo, dan teknologi pemecah sandi atau kode telah membantu mengakhiri perang lebih cepat. Inovasi juga dibutuhkan dalam mengatasi pandemi," kata Gates.

Untuk mendukung upaya percepatan penyelesaian pandemi virus corona, Gates melalui Yayasan Bill & Melinda Gates telah mendonasikan 250 juta dollar AS untuk program pengembangan vaksin virus corona.

Baca juga: Bill Gates, Ramalan Jitu Wabah Virus, dan Vaksin Anti-corona

Inovasi di 5 bidang untuk akhiri corona 

Selain itu Gates juga menyebut perlu adanya inovasi pada 5 bidang penting berikut ini, yang dapat mengakhiri pandemi virus corona lebih cepat:

1. Pengobatan

Meskipun sampai saat ini belum ada obat yang terbukti ampuh menyembuhkan Covid-19, namun Gates menekankan pentingnya perawatan atau pengobatan di masyarakat.

Masyarakat butuh pengobatan yang paling tidak 95 persen efektif sehingga mereka bisa merasa aman. Gates menyebut beberapa metode yang potensial seperti penggunaan plasma darah, antibodi, antivirus dan Hydroxychloroquine.

Baca juga: Trump Hentikan Pendanaan WHO di Tengah Virus Corona, Bill Gates hingga China Menyayangkan

2. Vaksinasi

Gates menyebut bahwa vaksin sangat penting untuk membuat dunia kembali ke keadaan normal. Sayangnya, pengembangan vaksin untuk penyakit baru akan butuh waktu tahunan.

Meski demikian, Gates percaya bahwa setidaknya dalam 18 bulan ke depan, vaksin untuk virus corona sudah bisa ditemukan.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com