Ancaman Kelaparan dan Potret Kondisi TKI di Malaysia Saat Pandemi Corona...

Kompas.com - 26/04/2020, 13:02 WIB
Bakamla amankan 47 TKI dari Malaysia yang masuk lewat pelabuhan tikus Dokumentasi Biro Humas BakamlaBakamla amankan 47 TKI dari Malaysia yang masuk lewat pelabuhan tikus

 

KOMPAS.com –  Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dikabarkan tengah menghadapi bayang-bayang kekurangan makanan selama lockdown sebagian yang diterapkan Malaysia.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menyampaikan, saat ini upaya penyaluran bantuan sembako kepada mereka yang terdampak tengah dilakukan.

"Bantuan pemerintah ditambah masyarakat menjangkau di atas 150 ribu orang," ujar Teuku saat dihubungi Kompas.com Minggu (26/4/2020).

Ia juga menyampaikan kendala yang dihadapi dalam penyaluran bantuan adalah MCO yang diterapkan Malaysia.

MCO adalah kebijakan Pemerintah Malaysia sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid) yang berlaku sejak Rabu (18/3/2020).

"MCO pergerakan staf perwakilan dibatasi sehingga perlu pengaturan dengan otoritas dan kelompok masyarakat yang menjadi mitra untuk bisa menjangkau masyarakat penerima bantuan," ujar dia.

Bantuan berupa sembako sendiri menurut Teuku telah diupayakan untuk disalurkan tidak lama setelah MCO berlaku.

"Bantuan diberikan kepada WNI yang sangat terdampak atau rentan akibat penerapan MCO," ujarnya.

Baca juga: 80 Petugas Kesehatan Malaysia Terkonfirmasi Positif Covid-19

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X