Manfaat Makan Buah Kurma Saat Berbuka Puasa, Salah Satunya Cepat Kembalikan Energi

Kompas.com - 25/04/2020, 16:45 WIB
Illustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahulu Dok. ShutterstockIllustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahulu

KOMPAS.com - Saat berbuka puasa, ada banyak pilihan makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

Salah satunya adalah kurma, buah yang populer untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Selain dianjurkan secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW, ternyata kurma juga mengandung banyak manfaat.

Baca juga: Berikut Manfaat Makan Buah Kurma dan Kandungan Gizi di Dalamnya

Kaya akan nutrisi

Melansir Kompas.com (25/4/2020), buah kurma mengandung vitamin dan mineral yang banyak dibutuhkan tubuh.

Buah kurma banyak mengandung vitamin A dan vitamin B2 jenis riboflavin. Buah ini juga mengandung zat besi, vitamin B, asam nikotinat, tiamin, niasin, kalium, potasium, magnesium, kalsium, dan serat dalam jumlah memadai.

Zat gizi tersebut dapat berfungsi membantu pelepasan energi, menjaga kulit dan saraf tetap sehat, dan menjaga kesehatan jantung.

Sedangkan kurma kering, mengandung asam salisilat yang biasa digunakan sebagai bahan baku obat pereda rasa sakit dan demam.

Salisilat juga berkhasiat mencegah pembekuan darah, antiperadangan, serta merangsang kontraksi otot dan dapat menurunkan tekanan darah.

Kurma juga baik dikonsumsi karena minim kandungan lemak. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, buah ini dapat menyediakan energi yang tinggi ketimbang buah lain.

Baca juga: Kenapa 5 Kurma Berikut Harganya Termahal di Dunia? Dipengaruhi Faktor Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber kompas.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X