Kompas.com - 23/04/2020, 19:09 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah/2020 Masehi jatuh pada Jumat (24/4/2020).

Dalam sidang isbat yang berlangsung pada Kamis (23/4/2020) sore, anggota tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya, mengatakan, berdasar hasil laporan, hilal awal Ramadhan 1441 Hijriah telah teramati di wilayah Indonesia pada hari ini.

Sidang isbat tahun ini dilakukan melalui konferensi video karena situasi pandemi virus corona.

Karena wabah virus corona, maka masyarakat juga diimbau untuk melakukan ibadah sepanjang bulan Ramadha seperti shalat tarawih dan shalat wajib serta berbuka puasa di rumah. Hal ini untuk mencegah penyebaran wabah virus corona.

Sejak awal pekan lalu, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam sudah merilis jadwal imsakiyah Ramadhan 2020 melalui situs Ditjen Bimas Islam.

Berikut link untuk mengakses jadwal imsakiyah di seluruh Indonesia: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020

Melalui situs ini, masyarakat di seluruh Indonesia bisa mendapatkan informasi jadwal imsakiyah di wilayahnya dari 1 Ramadhan hingga 30 Ramadhan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ingin mengetahui informasi jadwal imsakiyah di wilayah Anda, ada pilihan kota-kota terdekat tempat tinggal Anda.

Simak pula jadwal lengkap imsakiyah dan berbuka untuk berbagai wilayah di Indonesia dan topik seputar Ramadhan 2020 melalui microsite #RamadhandiRumah Kompas.com https://www.kompas.com/ramadhan

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadhan 1441 H/2020 M untuk Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

 

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X