Ingin Donor Darah? Ada Layanan "Mobile" dari PMI Selama Pandemi Virus Corona

Kompas.com - 23/04/2020, 10:11 WIB
Ilustrasi donor darah ShutterstockIlustrasi donor darah

KOMPAS.com – Aktivitas donor darah selama masa pandemi virus corona mengalami penurunan.

Palang Merah Indonesia (PMI) menyebutkan, kegiatan donor darah di hampir sebagian besar Unit Donor Darah PMI (UDD PMI) menurun rata-rata 20-30 persen.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang Unit Donor Darah Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia, dr Linda Lukitari Waseso saat dihubungi Kompas.com, akhir pekan lalu.

“Banyak instansi ataupun masyarakat yang sedianya sudah dijadwalkan melakukan donor darah, membatalkan kegiatannya karena ketakutan tertular Covid-19 karena berkumpulnya massa,” kata Linda.

Padahal, stok darah sangat dibutuhkan karena kegiatan transfusi darah di rumah sakit tetap berlangsung.

“Saat ini merebak penyakit demam berdarah sehingga banyak dibutuhkan darah, begitu juga pasien yang rutin perlu transfusi darah seperti Thalasemia dan sebagainya,” kata Linda.

Oleh karena itu, untuk memudahkan proses donor darah, PMI menyediakan mobil unit transfusi darah yang akan mendatangi donor yang ingin menyumbangkan darahnya.

Mereka yang ingin melakukan donor darah bisa melalui mobil PMI dengan mengajak minimal 10 orang.

Baca juga: Amankah Donor Darah Saat Pandemi Virus Corona? Ini Penjelasan PMI

Singkatnya, jika ada donor minimal 10 orang, PMI akan mendatangkan mobil unit. 

“Donor dikumpulkan di satu tempat, dengan izin RT/RW, pelaksanaan mengikuti protokol baik dari PMI maupun pemerintah, misal physical distancing,” ujar Linda.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X