Laboratorium Wuhan Membantah Tudingan Penyebar Pertama Virus Corona

Kompas.com - 21/04/2020, 15:15 WIB
Seorang perempuan melintas di depan pasar ikan di Kota Wuhan, China, yang ditutup terkait dugaan sebagai lokasi awal merebaknya virus misterius di negara itu, Minggu (12/1/2020). Virus misterius mirip pneumonia telah menjangkiti puluhan orang dan menelan korban jiwa kedua di China, menurut pemerintah setempat. AFP/NOEL CELISSeorang perempuan melintas di depan pasar ikan di Kota Wuhan, China, yang ditutup terkait dugaan sebagai lokasi awal merebaknya virus misterius di negara itu, Minggu (12/1/2020). Virus misterius mirip pneumonia telah menjangkiti puluhan orang dan menelan korban jiwa kedua di China, menurut pemerintah setempat.

KOMPAS.com - Seorang pejabat tinggi laboratorium Wuhan membantah bahwa laboratorium Wuhan di Hubei, China menjadi penyebar virus corona.

Bantahan itu diungkapkan Direktur Laboratorium Keamanan Hayati Nasional Wuhan Yuan Zhiming menanggapi teori-teori yang menyebut bahwa virus corona berasal dari fasilitas laboratorium tersebut.

"Sama sekali tidak mungkin virus itu berasal dari lembaga kami," kata Yuan dalam sebuah wawancara dengan China Global Television Network yang dikelola pemerintah, dilansir dari Bloomberg.

Yuan juga menyangkal adanya teori bahwa "pasien nol" yang belum diidentifikasi untuk Covid-19 melakukan kontak dengan lembaga laboratoriumnya.

Baca juga: Covid-19 Diduga Muncul dari Institut Virologi Wuhan, Direktur Lab: Mustahil

Tak ada yang terinfeksi

Menurut Yuan, tidak ada karyawan, pensiunan atau mahasiswa peneliti di laboratoriumnya yang terinfeksi virus corona.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada konferensi pers Sabtu (18/4/2020) mengungkapkan spekulasi terkait asal-usul virus corona.

Trump menyebut China harus menghadapi konsekuensinya jika memang terbukti bertanggung jawab atas wabah virus corona Covid-19.

Sementara itu, penasihat perdagangan Trump, Peter Navarro mengatakan bahwa titik nol kasus virus corona berada tak jauh dari laboratorium itu.

"Yang kami tahu adalah bahwa titik nol untuk virus ini berada dalam beberapa mil dari lab itu," kata Peter.

Tantang tunjukkan bukti

Permainan saling tuduh antara AS dan China memicu adanya pengawasan terhadap laboratorium Wuhan yang memperlajari virus corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X