Kompas.com - 18/04/2020, 13:00 WIB
Mantan perenang terbaik Indonesia, Lukman Niode meluapkan sukacitanya ketika merebut medali emas 100 m gaya punggung kelompok terbuka di kejuaraan renang antar perkumpulan, Selasa (29 Desember 1992) di Kolam Renang Senayan. KOMPAS/JULIAN SIHOMBINGMantan perenang terbaik Indonesia, Lukman Niode meluapkan sukacitanya ketika merebut medali emas 100 m gaya punggung kelompok terbuka di kejuaraan renang antar perkumpulan, Selasa (29 Desember 1992) di Kolam Renang Senayan.

KOMPAS.com - Dunia olahraga Indonesia kembali berduka. Mantan perenang nasional Lukman Niode meninggal dunia di Rumah Sakit Pelni, Jakarta, pada Jumat (17/4/2020) siang akibat terinfeksi Covid-19.

Kepergian Lukman Niode menjadikan kehilangan yang besar bagi dunia renang Indonesia mengingat sumbangsihnya pada dunia olahraga, khususnya renang di Indonesia.

Tak hanya aktif sebagai atlet, Lukman Niode juga dikenal sebagai sosok yang terus "berkeringat" dalam memajukan dunia renang di Indonesia.

Kakak kandung Lukman, Idrus Niode, mengatakan, Lukman sempat menjalani rapid test dan hasilnya negatif dari virus corona.

Namun, setelah dilakukan swab test, almarhum dinyatakan positif Covid-19.

"Yang saya bingung, dia kenanya di mana. Tesnya di RS Pelni dan hasil tesnya positif Covid-19," kata Idrus, seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Baca juga: Mengenang Legenda Bulu Tangkis Indonesia Johan Wahyudi...

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut perjalanan karier dan sederet prestasi Lukman Niode:

Kehidupan kecil Lukman Niode

Dikutip dari harian Kompas, 27 September 1981, Lukman Niode dilahirkan di Rumah Sakit Cikini, Jakarta Pusat, pada 21 Oktober 1963.

Atlet Renang Lukman NiodeIstimewa Atlet Renang Lukman Niode
Lukman Niode memang sejak kecil telah mulai mengenal dunia renang.

"Saya belikan dia celana renang supaya bisa ikut-ikutan berenang dengan kakak-kakaknya," kata Ny J Niode, ibu dari Lukman Niode.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.