Jelang Ramadhan, Masjid Al-Aqsa Ditutup karena Pandemi Virus Corona

Kompas.com - 17/04/2020, 14:30 WIB
Masjid Al Aqsa wikipedia.orgMasjid Al Aqsa

KOMPAS.com - Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem akan ditutup untuk jemaah Muslim selama bulan Ramadhan.

Penutupan ini dilakukan akibat dampak dari pandemi virus corona yang masih terjadi saat ini. 

Melansir Al Jazeera, Jumat (17/4/2020), penutupan Masjid Al-Aqsa diumumkan oleh Lembaga Wakaf Islam Yerusalem, dewan khusus yang ditunjuk oleh Yordania untuk mengawasi situs-situs Islam di kompleks suci tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada hari Kamis, 16 April 2020, dewan tersebut mengatakan bahwa langkah itu telah sejalan dengan fatwa ulama dan pertimbangan medis.

Selain itu, mereka juga mengimbau umat Muslim tetap melakukan shalat di rumah mereka selama bulan Ramadhan untuk menjaga keselamatan mereka.

Meski demikian, panggilan azan masih akan tetap dilaksanakan lima kali sehari di Masjid Al-Aqsa selama bulan Ramadhan dan pengurus masjid masih akan diizinkan masuk.

Baca juga: Kenapa Orang dengan Obesitas Rentan Saat Terinfeksi Covid-19? Berikut Alasannya

Bulan suci Ramadhan akan dimulai sekitar 23 April 2020.

Di bulan tersebut, biasanya puluhan ribu umat Muslim melaksanakan shalat tarawih setiap hari di Masjid Al-Aqsa dan Kubah Shakhrah, yaitu sebuah bangunan persegi delapan berkubah emas yang terletak di tengah kompleks Masjid Al Aqsa yang berdekatan.

Kompleks Masjidil Aqsa memiliki sejarah penting bagi agama Samawi. Bagi umat Islam, situs suci itu disebut Haram al-Sharif. Bagi umat Yahudi, kompleks itu disebut Temple Mount yang meliputi Masjid Al-Aqsa dan Kubah Shakhrah.

Umat Muslim meyakini situs tersebut adalah tempat Nabi Muhammad SAW naik ke surga dalam perjalanan Isra' Mi'raj.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Al Jazeera
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X