Kompas.com - 16/04/2020, 06:33 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki website https://radarcovid19.jatimprov.go.id/ agar masyarakat dapat memantau sebaran Covid-19 secara real time di wilayahnya. 

Di dalam situs tersebut terdapat fitur chatbot yang memberikan informasi seputar kasus Covid-19 di  Jatim dan diakses melalui apilkasi WhatsApp. 

Saat mengklik pilihan BOT WA, maka akan terhubung ke laman informasi Covid-19 Pemprov Jawa Timur di https://infocovid19.jatimprov.go.id/, yaitu pada fitur bernama Radar Covid-19.

Atau secara langsung melalui link http://infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19/.

Chatbot sendiri merupakan program yang dirancang sebagai layanan obrolan dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang menirukan manusia. 

Baca juga: Ada Kemungkinan Visa Schengen Makin Sulit Didapat Setelah Wabah Virus Corona

Menurut Satgas Covid-19 Jawa Timur Divisi Kuratif dr Makhyan Jibril Al Farabi, fitur chatbot WhatsApp ini telah dapat diakses sejak tanggal 3 April 2020 lalu. 

Berdasarkan data terbaru hingga Rabu (15/4/2020), jumlah total pengakses chatbot tersebut telah mencapai 442.204. Adapun statistik percakapan yang dilakukan hari ini berjumlah 64.500.

Selain sebagai bentuk penyampaian informasi kepada masyarakat, Pemprov Jatim juga menggunakan fitur ini untuk menerima pelaporan. 

"Ini kita inventarisasi dan sampaikan ke pihak terkait" tutur dr Jibril saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/4/2020) sore.

Baca juga: Doakan Tenaga Medis Banyak Terkena Corona, Seorang Warga Diamankan Polisi

Adapun akses bot tersebut adalah melalui link yang terkoneksi dengan ponsel relawan. Oleh karena itu, tidak hanya satu nomor yang dapat dihubungi. 

"Kalau hanya satu nomor yang dihubungi, jadinya mungkin tidak merata bebannya. Makanya, nomor baru didapat ketika masyarakat mengklik link yang diberikan," tambahnya.

Upaya ini diharap memudahkan masyarakat jika ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh bot sehingga dapat dibantu dijawab oleh relawan yang terkoneksi. 

Baca juga: Virus Corona, PM Selandia Baru Umumkan Potong Gaji 20 Persen Selama 6 Bulan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.