Dampak Pandemi Corona, Penjualan Fashion Mewah Dunia Turun 650 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 13/04/2020, 21:06 WIB
De_caffeine homme, salah satu label yang melakukan pertunjukan di Rakuten Fashion Week 2020. Instagram @rakutenfwtDe_caffeine homme, salah satu label yang melakukan pertunjukan di Rakuten Fashion Week 2020.

KOMPAS.com - Virus corona yang telah menginfeksi 1,8 juta populasi dunia tidak hanya membawa dampak pada dunia kesehatan. Namun juga menyerang sendi-sendi perekonomian di banyak negara.

Kondisi itu bisa dilihat dari gulung tikarnya pabrik pakaian di China hingga tutupnya butik-butik kenamaan di sepanjang Fifth Avenue, New York. Virus corona juga telah berimbas pada penjualan perusahaan ritel pakaian mewah.

Statistik menunjukkan dampak virus corona yang mematikan tidak hanya bagi nyawa manusia, namun bagi bisnis dan industri, khususnya untuk ritel.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Cerita Lumbung Solidaritas dari Banjarsari...

Melansir South China Morning Post (13/4/2020) usaha untuk mempertahankan bisnis dalam kondisi pandemi virus corona akan sangat berat. Menurut laporan yang dirilis oleh McKinsey bekerja sama dengan majalah Business of Fashion, industri fashion dunia akan mengalami penurunan penjualan sebesar 27-30 persen.

Sementara itu, penjualan barang-barang mewah dan branded akan mengalami penurunan lebih besar lagi di tahun 2020 ini, yakni berkisar 35-39 persen atau turun sekitar 650 miliar dollar AS dibanding tahun 2019.

"Sejauh ini virus corona telah membawa dampak yang sangat buruk," kata pakar mode Mario Ortelli.

Imbas penutupan toko

Angka penurunan ini merupakan imbas langsung dari penutupan butik dan toko-toko, sementara imbas dari terhambatnya jaringan distribusi dan dampak psikologis akibat virus corona yang dialami oleh konsumen belum diperhitungkan.

Dampak ini diperkirakan jauh lebih parah dibanding ketika dunia mengalami krisis finansial di tahun 2008 lalu.

Saat ini belum ada yang bisa memprediksi akan seperti apa keadaan dunia setelah pandemi virus corona berlalu. Namun, satu hal yang pasti adalah akan ada beberapa label fashion kenamaan yang menutup bisnisnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X