Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan Program Kartu Prakerja Dilakukan secara Online dan Offline, Berikut Infonya

Kompas.com - 13/04/2020, 06:00 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran program Kartu Prakerja telah resmi dibuka sejak Sabtu (11/4/2020). Sebelumnya, tujuan program Kartu Prakerja adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sasaran penerima saja.

Namun, kini program tersebut juga bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat, yaitu membantu daya beli, terutama untuk kebutuhan sehari-hari akibat adanya pandemik Covid-19. 

Baca juga: BNI Jadi Bank Pembayar Insentif Kartu Prakerja

"Kartu Prakerja menjadi instrumen untuk menyalurkan bantuan sosial atau sebagai jaring pengaman sosial," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Sabtu (11/4/2020) malam.

Pendaftaran Kartu Prakerja dapat diakses melalui situs resmi https://prakerja.go.id.

Untuk memperoleh Kartu Prakerja ini, pendaftar harus membuat akan dan melengkapi sejumlah data yang disyaratkan. Setelah diterima, para peserta dapat memilih pelatihan yang ingin diikuti.

Baca juga: Distribusi Dana Bantuan Kartu Prakerja, Pemerintah Gandeng OVO

Pelatihan online dan oflline

Menurut Airlangga, apabila pendaftaran diterima, akan dilakukan pemeriksaan data. Setelah itu, peserta dapat langsung membeli pelatihan yang diinginkan melalui berbagai platform digital mitra.

"Pembayaran nanti menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Kartu Prakerja yaitu kode unik 16 angka. Jadi, bentuk Kartu Prakerja bukan fisik, tetapi yang bisa diakses melalui online," jelas dia.

Pemerintah juga menyediakan dua bentuk pelatihan, yaitu online dan offline.

Pemerintah pusat pun bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata, serta Dinas Koperasi dan UKM untuk membantu memberikan pendampingan pendaftaran. 

Baca juga: Bukan untuk Menggaji Pengangguran, Pemilik Kartu Prakerja Tetap Dapat Insentif?

Selain itu, dinas di daerah juga akan membantu menyediakan beberapa komputer untuk masyarakat di tempat yang ditentukan oleh pemerintah daerah sehingga dapat mengikuti pendaftaran ataupun pelatihan yang akan dipilih. 

Adapun dalam masa Covid-19, pelatihan yang tersedia hanya pelatihan secara online.

Pemerintah daerah juga diminta membuat standar yang memastikan keamanan dari pelaksanaan pendampingan dan pendaftaran sesuai dengan standar pandemik Covid-19. 

Setelah kondisi normal nantinya, pelatihan tidak hanya akan diadakan secara online, tetapi juga offline atau tatap muka. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Kartu Prakerja, dari Pendaftaran hingga Bentuk Program

Jenis pelatihan penerima Kartu Prakerja

Mengutip laman Kartu Prakerja, ada beragam jenis keterampilan yang tersedia, mulai dari keterampilan teknis hingga cara membangun usaha.

Jenis-jenis pelatihan tersebut di antaranya cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain.

Baca juga: Baru Dibuka, Netizen Keluhkan Pendaftaran Kartu Prakerja Eror

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com