Kompas.com - 12/04/2020, 20:30 WIB
Akun Instagram yang mengatasnamakan BNPB dan menmbuka donasi dari masyarakat disebutkan untuk uang kas negara. InstagramAkun Instagram yang mengatasnamakan BNPB dan menmbuka donasi dari masyarakat disebutkan untuk uang kas negara.

KOMPAS.com - Pandemi virus corona Covid-19 yang terjadi saat ini memberi dampak yang banyak dirasakan masyarakat.

Sayangnya, ada saja pihak yang memanfaatkan kondisi bencana tersebut untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Salah satunya adalah keberadaan akun media sosial yang mengatasnamakan Badan Nasional Penanggulanhan Bencana (BNPB), yakni akun Instagram @bnpb.go.idd dan akun Facebook dengan nama BNPB Provinsi.

Kebedaraan akun media sosial itu sebagai suatu penipuan ditegaskan oleh BNPB melalui keterangan tertulis, Minggu (12/4/2020).

Laporkan untuk diblokir

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo menyebut pihaknya telah menindaklanjuti temuan tersebut dan melaporkannya pada Facebook dan BNI selaku bank dari nomor rekening pemilik akun yang ditampilkan di bagian biodata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Menindaklanjuti akun tersebut, BNPB telah menghubungi pihak BNI dan Facebook untuk pemblokiran," kata Agus.

Saat dimintai keterangan lebih lanjut, Agus menunjukkan BNPB telah mengantongi identitas si pemilik akun. 

Ketika Kompas.com mengecek keberadaan kedua akun tersebut, untuk di Facebook sudah tidak ditemukan, namun akun Instagram masih ada dan bisa diakses.

Baca juga: Cuti Lebaran Digeser Akhir Tahun, Ahli: Beban Transportasi Akan Besar Sekali

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BNPB Indonesia (@bnpb_indonesia) on Apr 12, 2020 at 12:42am PDT

 

Akun tersebut memiliki sejumlah unggahan yang terkait dengan kejadian bencana di Indonesia, namun tidak menyertakan informasi yang jelas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X