Simak! Daftar 3 Bantuan Sosial Khusus untuk Hadapi Wabah Virus Corona

Kompas.com - 11/04/2020, 19:00 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberi keterangan pers terkait penanganan Covid-19, di Istana Merdeka, Selasa (24/3/2020). DOK. Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr Presiden Joko Widodo saat memberi keterangan pers terkait penanganan Covid-19, di Istana Merdeka, Selasa (24/3/2020).

KOMPAS.com - Pemerintah merencanakan beberapa jenis bantuan sosial khusus untuk masyarakat golongan menengah ke bawah dalam menghadapi pandemi virus corona ini.

Adapun bantuan tersebut, ada yang terdiri atas paket sembako dan bantuan sosial tunai.

Sebelumnya, rencana-rencana bantuan ini juga telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

Keterangan tentang bantuan sosial khusus ini juga telah diunggah Juru Bicara Presiden melalui akun media sosial Twitter resminya @fadjroeL

Berikut adalah rincian dari bantuan-bantuan sosial khusus yang direncanakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat dari golongan menengah ke bawah menghadapi dampak pandemi Covid-19 ini:

Baca juga: Anies: Paket Bansos untuk Masyarakat Diberikan 20.000 Per Hari

Bantuan khusus bahan pokok sembako

Presiden Joko Widodo mengumumkan pemberian bantuan sosial berupa paket sembako bagi warga Jabodetabek. 

Adapun bansos sembako untuk warga DKI Jakarta akan diberikan kepada 2,6 juta jiwa atau 1,2 juta keluarga. Jumlah yang diberikan senilai Rp 600.000 per bulan dan akan diberikan selama tiga bulan. 

"Anggaran yang dialokasikan 2,2 triliun," kata Presiden Jokowi sebagaimana dikutip Kompas.com, Kamis (9/4/2020). Kemudian, bansos untuk wilayah Bodetabek akan diberikan kepada 1,6 juta jiwa ata 576.000 keluarga.

Nilai bansos yang diberikan pun sama, yaitu Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan atau total Rp 1,8 juta. Anggaran yang dialokasikan untuk bansosl di Bodetabek adalah sebesar Rp 1 triliun. 

Baca juga: Antisipasi Dampak Pandemi, Bansos PKH Diberikan Sebulan Sekali hingga Desember

Bantuan sosial tunai 

Selain di wilayah Jabodetabek, bantuan sosial juga akan diberikan kepada warga di luar wilayah Jabodetabek.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X