1,6 Juta Orang di Dunia Terinfeksi Covid-19, Bagaimana Kehidupan di Negara Tanpa Virus Corona?

Kompas.com - 10/04/2020, 19:00 WIB
Dalam foto yang dirilis UNICEF memperlihatkan dampak kerusakan di Port Vila, ibu kota Vanuatu, Sabtu (14/3/2015) setelah Badai Pam menerjang negara kepualauan di Pasifik Selatan itu. AP Photo/UNICEF PacificDalam foto yang dirilis UNICEF memperlihatkan dampak kerusakan di Port Vila, ibu kota Vanuatu, Sabtu (14/3/2015) setelah Badai Pam menerjang negara kepualauan di Pasifik Selatan itu.

KOMPAS.com - Secara global, di seluruh dunia tercatat ada 1.600.984 kasus positif terinfeksi virus corona. Jumlah kematian pun mencapai 95.604 kasus dan 355.671 orang berhasil sembuh. 

Hingga kini, setidaknya ada 15 negara di dunia yang belum melaporkan adanya kasus infeksi Covid-19 di wilayahnya. Salah satunya adalah Vanuatu.

Negara ini memiliki penduduk kurang dari 300.000 orang dan berada sekitar 1.800 kilometer timur Australia. Vanuatu sendiri merupakan sebuah negara kepulauan dengan 80 pulau yang tersebar.

Di lokasinya yang cukup jauh ini, bayangan virus corona bukannya tidak menjadi momok bagi penduduk negara. 

Dua anak dari Ariitaimai Salmon, penduduk Vanuatu, adalah beberapa di antara orang-orang yang dikarantina pada sebuah hotel. Mereka baru kembali dari Sidney.

Baca juga: Daftar 15 Negara yang Belum Terkena Virus Corona, di Mana Saja?

"Bagi anak-anak saya, bisa pulang ke rumah adalah sebuah kelegaan meskipun artinya mereka harus menjalani karantina di sini selama dua minggu. Mereka menjalaninya dengan sangat baik" kata Salmon sebagaimana dikutip The Guardian.

Salmon sendiri adalah seorang manajer operasi dan pelanggan dari Au Bon Marche, sebuah rantai supermarket terbesar di Vanuatu. 

Ia telah menghabiskan beberapa minggu terakhir untuk meyakinkan warga Vanuatu bahwa ada persediaan makanan yang cukup untuk penduduk, bahkan saat perbatasan telah ditutup.

Au Bon Marche merupakan salah satu dari sedikit perusahaan yang akan bertahan dari dampak virus corona yang terjadi di dunia.

Baca juga: Wabah Corona di Jerman, Kanselir Angela Merkel Optimis namun Berhati-hati

Sektor perekonomian terdampak

Bagi mereka yang bekerja di sektor perhotelan dan pariwisata, yang sebelumnya menyumbang lebih dari 40 persen dari PDB Vanuatu, belum ada kejelasan kapan kondisi akan kembali normal.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X