Saat 100 Pramugari American Airlines Terkonfirmasi Positif Virus Corona...

Kompas.com - 09/04/2020, 15:02 WIB
American Airlines Boeing 767-300ER. Arnd Wiegmann/ReutersAmerican Airlines Boeing 767-300ER.

KOMPAS.com - Setidaknya 100 pramugari maskapai penerbangan American Airlines dinyatakan positif virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Asosiasi Pramugari Profesional AS (APFA) yang membawahi 27.000 awak kabin di AS.

Dilansir Business Insider, salah satu pramugara, Paul Frishkorn (65) meninggal karena virus corona pada akhir bulan lalu.

Dia adalah pramugara pertama di AS yang meninggal karena Covid-19.

Baca juga: Penyebaran Virus Corona dan Ancaman Lonjakan Kasus Covid-19 di Arab Saudi...

Sejumlah pramugari maskapai di Amerika mengatakan bahwa mereka tidak khawatir tentang virus itu dan mengatakan bahwa mereka memiliki banyak peralatan pelindung dan disinfektan.

Tetapi, dilaporkan beberapa awak kabin American Airlines bahwa mereka baru saja mengalami kekurangan pasokan alat pelindung diri.

"Meskipun pasokan tambahan telah dijanjikan kepada kami, mereka tidak muncul di pesawat setiap saat. Terkadang ada kotak sarung tangan ekstra, kadang tidak. Terkadang 2-3 wadah tisu sanitasi disediakan, terkadang tidak ada. Terkadang tidak ada sarung tangan sama sekali," kata seorang pramugari American Airlines.

Sementara itu, Presiden APFA Julie Hedrick mengungkapkan bahwa serikat pekerja telah meminta perusahaan maskapai penerbangan sejak Januari untuk menyediakan peralatan pelindung diri bagi pramugari.

"Kami telah secara konsisten mengadvokasi untuk Alat Pelindung Diri (APD) untuk semua petugas penerbangan kami agar tersedia di setiap pesawat," kata Julie.

Pesawat American Airlines di landasan pacu bandara.AFP / SAUL LOEB Pesawat American Airlines di landasan pacu bandara.

Menurutnya, pramugari harus diberikan perlindungan karena tugasnya yang juga ikut mengangkut tenaga medis dan persediaan alat kesehatan yang dikirim ke berbagai tempat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X