Forbes Rilis Daftar Orang Terkaya, Berikut Daftar 20 Miliarder Dunia

Kompas.com - 08/04/2020, 14:15 WIB
Daftar orang terkaya di dunia versi Forbes ShutterstockDaftar orang terkaya di dunia versi Forbes

KOMPAS.com -  Forbes telah merilis daftar para orang- orang terkaya di dunia. Daftar ini dikeluarkan setiap tahun dan menjadi yang ke-34 kalinya.

Di tengah pandemi virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19, orang-orang ini menjadi agen perubahan dan melakukan aksi untuk membantu para pihak yang terdampak wabah virus corona. 

Para miliarder dunia di bidang teknologi seperti Bill Gates, Eric Yuan (CEO Zoom), Bernard Arnault (CEO LVMH), Brian Chesky (CEO Airbnb), hingga Marc Cuban (pemilik Dallas Mavericks) menggunakan sumber daya keuangannya untuk membantu melawan krisis di bidang kesehatan dan meningkatkan perekonomian.

Tim dari Forbes mencermati hal-hal yang dilakukan oleh para miliarder tersebut dalam merespons pandemi ini.

Baca juga: Berkat Ventilator, Harta Orang Terkaya di Singapura Naik Rp 58 Triliun

Kekayaan miliarder turun

Ada 2.095 miliarder dalam pemeringkatan orang terkaya di tahun 2020, menurun dari jumlah tahun 2019, yaitu sebanyak 2.153 orang.

Total kekayaan bersih gabungan miliarder tahun ini adalah 8 triliun dollar AS atau sekitar Rp 130.464 triliun. Jumlah ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya di mana total kekayaan bersih gabungan mencapai 8,7 triliun dollar AS. 

Sebanyak 267 orang yang masuk daftar orang terkaya di tahun 2019 tidak lagi masuk daftar pada tahun 2020 ini. Sementara, 1.062 orang menunjukkan penurunan kekayaan. Kondisi ini juga dapat mencerminkan pasar yang tidak stabil dan pandemi virus yang terjadi.

" Orang terkaya di dunia tidak kebal terhadap dampak buruk dari virus corona. Penurunan jumlah miliarder tahun ini mencerminkan dampak ekonomi dari pandemi" kata Asisten Editor Forbes Kerry A. Dolan sebagaimana dikutip Forbes.

Baca juga: Tiga Tahun Berturut-turut, Jeff Bezos Duduki Posisi Orang Paling Kaya di Dunia

Jezz Bezos tetap terkaya

Pada daftar tahun ini, Jeff Bezos masih tetap berada di posisi atas. Ia telah mempertahankan posisi yang sama selama tiga tahun berturut turut, terlepas dari kekayaannya yang menurun. Kekayaan dari CEO Amazon ini dinilai berjumlah 113 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1,8 triliun.

Kemudian, nomor dua ditempati oleh Bill Gates dengan jumlah kekayaan sebanyak 98 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1,5 triliun. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 1,5 miliar triliun dari nilai kekayaannya tahun lalu. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X