Bikin Masker Sendiri di Rumah, Ini Bahan yang Paling Baik Menurut Penelitian

Kompas.com - 06/04/2020, 21:14 WIB
Karyawan membuat masker wajah dari bahan nanomembran di pabrik kecil bernama Nanospace, di Ceko, 20 Maret 2020. AFP/MICHAL CIZEKKaryawan membuat masker wajah dari bahan nanomembran di pabrik kecil bernama Nanospace, di Ceko, 20 Maret 2020.

KOMPAS.com – WHO telah mengimbau semua orang di tempat umum untuk mengenakan masker guna mencegah penyebaran dan penularan virus corona penyebab Covid-19. 

Adapun masker yang disarankan untuk dipakai masyarakat umum adalah masker kain, atau masker buatan sendiri dengan memanfaatkan ketersediaan bahan-bahan yang ada.

Sementara masker medis diprioritaskan hanya untuk petugas medis di layanan kesehatan. 

Lantas, jika ingin membuat sendiri masker di rumah, bahan-bahan apa saja yang baik untuk digunakan?

Bahan masker kain

Sebuah studi di Universitas Cambridge mencoba melakukan pengujian berbagai jenis bahan rumah tangga yang dapat dipakai untuk membuat masker sendiri.

Bahan yang diuji dan dibandingkan terdiri dari: kantong vacum cleaner atau penyedot debu, lap piring (serbet), katun blend, T-shirt katun 100 persen, sarung bantal anti mikroba, scraft, sarung bantal, linen, dan sutra.

Bahan-bahan tersebut kemudian dilihat bagaimana kemampuannya dalam menyaring bakteri, serta dalam mencegah penyebaran aerosol.

Pengujian untuk melihat kemampuan filtrasi masing-masing bahan adalah dengan menempatkan potongan kain yang kemudian disemprotkan aliran udara yang telah mengandung mikroorganisme.

Baca juga: Gunung di China Dipadati 20.000 Pengunjung Usai Lockdown Dilonggarkan

Adapun organisme yang dipakai untuk pengujian adalah dari jenis bakteri Bacillus atrophaeus dan virus Bacteriophage MS.

Bacillus atrophaeus memiliki ukuran 0.95-1.25 mikron yang merupakan bakteri pembentuk spora berbentuk batang. Sementara virus Bacteriophage MS memiliki ukuran 0.023 mikron.

Kemampuan filtrasi masing-masing kain kemudian dibandingkan dengan masker bedah.

Hasilnya beberapa kain menunjukkan mereka memiliki kemampuan filtrasi dalam menyaring kedua organisme.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X