Siswa SMK di Jawa Timur Bahu Membahu Ciptakan 1.500 APD

Kompas.com - 04/04/2020, 20:17 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memantau penyemprotan disinfektan untuk pengendara ojek online di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (22/3/2020). KOMPAS.COM/A. FAIZALGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memantau penyemprotan disinfektan untuk pengendara ojek online di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (22/3/2020).

KOMPAS.com – Di tengah pandemi Covid-19, Alat Perlindungan Diri ( APD) seperi baju hazmat menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh rumah sakit.

Berbagai kalangan di Jawa Timur bahu membahu untuk mengatasi permasalahan langkanya APD, tak tekecuali siswa dari SMK tata busana di Jawa Timur.

“Kita punya 235 SMK yang memiliki kompetensi tata busana. Tahap satu ini baru memanfaatkan 22 SMK,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wahid Wahyudi saat dihubungi Kompas.com Sabtu (04/04/2020).

Produksi 1.500 APD

Pihaknya mengatakan sampai dengan hari ini, anak-anak SMK di Jawa Timur sudah mampu menghasilkan sekitar 1.500 APD.

“Itu yang dijahit oleh SMK ada juga perusahaan-perusahaan yang menyiapkan,” ujar dia.

Wahid mengatakan, terkait pembuatan APD yang dilakukan oleh anak-anak SMK, mereka bekerjasama dengan RS dr. Soetomo untuk memastikan kualitas produk.

Baca juga: Hand Sanitizer PH 2,5, Amankah untuk Kulit?

Terkait pembuatan APD ini, sementara ditujukan untuk memenuhi kebutuhan APD di fasilitas kesehatan di wilayah Jawa Timur.

Meskipun yang menjahit APD adalah anak-anak SMK, namun Wahid mengatakan anak-anak tersebut telah memiliki kompetensi.

“Mereka kan jurusan tata busana jadi mereka sudah profesional menjahit APD,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X