Tetap Jalankan Usaha di Tengah Wabah Covid-19, Ikuti Panduan Berikut!

Kompas.com - 31/03/2020, 20:00 WIB
Di tengah meningkatnya kasus pandemi corona di Singapura, seorang karyawan NUS CO-OP terlihat memakai masker, Kamis siang (26/3/2020). NUS CO-OP adalah koperasi dan toko buku yang berlokasi di National University of Singapore, Singapura Barat. ERICSSEN/KOMPAS.comDi tengah meningkatnya kasus pandemi corona di Singapura, seorang karyawan NUS CO-OP terlihat memakai masker, Kamis siang (26/3/2020). NUS CO-OP adalah koperasi dan toko buku yang berlokasi di National University of Singapore, Singapura Barat.

KOMPAS.com - Di tengah pandemi virus corona yang saat ini terjadi di seluruh dunia, tak sedikit perusahaan, lembaga, dan institusi yang mengalihkan aktivitas kerjanya ke rumah dengan memberlakukan Work From Home (WFH).

Namun, tidak semua jenis pekerjaan bisa dikerjakan dari rumah, terutama sektor-sektor yang bergerak di bidang jasa dan pelayanan.

Untuk itu, Pemerintah melalui laman resmi covid19.go.id mengeluarkan panduan bagi industri dan pelaku usaha yang masih menjalankan operasional kerja di tengah wabah ini.

Semua ini dikeluarkan untuk menjaga keselamatan semua pihak, terutama para pekerja atau karyawan yang masih harus keluar rumah untuk bekerja.

Baca juga: Hoaks, Hirup Uap Panas Tidak Bisa Matikan Virus Corona

Poin-poin dalam panduan tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Sampaikan pada karyawan sakit agar istirahat di rumah meski hanya demam ringan, batuk, atau pilek

2. Bila memungkinkan, atur karyawan agar karyawan bekerja dari rumah

3. HIndari pertemuan besar. Sebagai pengganti bisa lakukan conference call

4. Pastikan karyawan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir dengan benar, jangan bersalaman, dan mengikuti etika saat batuk atau bersin (tutup dengan siku terlipat atau tisu yang langsung dibuang). 

5. Siapkan dispenser cairan pembersih tangan di tempat-tempat penting seperti dekat pintu masuk/keluar, saklar lampu, tempat makan, kasir, toilet, dan lain-lain

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X