[HOAKS] Hirup Uap Panas Bisa Matikan Virus Corona

Kompas.com - 31/03/2020, 18:00 WIB
Tangkapan layar unggahan soal terapi uap yang disebut bisa bunuh virus FacebookTangkapan layar unggahan soal terapi uap yang disebut bisa bunuh virus
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

 

KOMPAS.com - Terapi menghirup uap air panas sebagaimana tersebar di media sosial dipastikan tidak benar dapat membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Sebelumnya, akun Facebook Dhiajeng Lestari mengunggah informasi manfaat terapi uap air panas yang disebut bisa membunuh virus yang sudah menempel di dalam tubuh.

Dalam unggahannya, pemilik akun mengunggah sebuah gambar kolase yang menunjukkan seorang laki-laki tua menempelkan wajahnya ke dalam wadah seperti toples yang berisi air panas.

Dia menyebut jika dalam posisi tersebut seseorang mengambil nafas dalam-dalam melalui hidung dan mengeluarkannya lewat mulut, maka virus yang ada di rongga sinus dapat terbunuh.

Dengan alasan uap panas yang terhirup, dikatakan virus akan mati jika terpapar suhu 50-52 derajat.

Berikut ini narasi lengkap yang dituliskan pengunggah:

Beaker Glass (Vol 2L) diisi air panas 90C sebanyak 800-900ml, terus kepala kita posisikan spt pada foto, hirup n afas panjang dg hidung, hembuskan dgn mulut. Lakukan selama 5 menit. Itu terapi mematikan virus yg mungkin sdh nempel di rongga sinus. Virus akan mati kena suhu 50-52C dalam dua menit.
Hirup dengan hidung, keluarkan lewat mulut. Jadi uap panasnya masuk ke ringga hidung dan rongga mulut.

 

Hingga Selasa (31/3/2020) sore, unggahan yang dibuat pada Jumat (27/3/2020) itu sudah dibagikan sebanyak hampir 300 kali.

Baca juga: Virus Corona: Penyebab, Gejala, Pencegahan, dan Kapan Harus Segera ke Dokter

Penjelasan

Namun demikian, informasi yang disampaikan dalam unggahan itu dibantah oleh dokter spesialis paru dr. Eva Sri Diana, SpP.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X