Virus Corona, Korea Selatan, dan Bantuan Rp 13 Juta untuk Warganya...

Kompas.com - 31/03/2020, 09:02 WIB
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT YONHAPPresiden Korea Selatan Moon Jae-in EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT

KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan akan mengambil kebijakan baru terkait kondisi perekonomian kala pandemi virus corona.

Adapun kebijakan tersebut yakni memberi bantuan terhadap warganya dan menyusun anggaran tambahan kedua dalam upaya untuk mengurangi dampak ekonomi dari virus corona.

Kedua hal itu diungkapkan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Senin (30/3/2020) seperti dilansir Reuters.

Keputusan tersebut diambil sebagai imbas dari kondisi ekonomi yang terguncang akibat penyakit Covid-19.

Nantinya, setiap keluarga di Korea Selatan akan diberikan bantuan hingga 1 juta won (Rp 13 juta), kecuali 30 persen populasi yang berpenghasilan tinggi.

Baca juga: Update Virus Corona di Dunia 31 Maret: 781.485 Kasus, 164.726 Sembuh, 37.578 Meninggal

Pembebasan tagihan

Para pekerja medis dilengkapi pakaian pelindung memindahkan seorang pasien diduga terinfeksi virus corona (tengah) ke rumah sakit lain dari Rumah Sakit Daenam, di daerah Cheongdo, Korea Selatan, Jumat (21/2/2020). Penyebaran virus corona hingga hari ini, Senin (24/2/2020), semakin menunjukkan peningkatan di sejumlah negara, seperti Italia, Iran, dan Korea Selatan.AFP/YONHAP/SOUTH KOREA OUT Para pekerja medis dilengkapi pakaian pelindung memindahkan seorang pasien diduga terinfeksi virus corona (tengah) ke rumah sakit lain dari Rumah Sakit Daenam, di daerah Cheongdo, Korea Selatan, Jumat (21/2/2020). Penyebaran virus corona hingga hari ini, Senin (24/2/2020), semakin menunjukkan peningkatan di sejumlah negara, seperti Italia, Iran, dan Korea Selatan.

Beberapa perusahaan kecil dan menengah juga akan dibebaskan dari pembayaran tagihan utilitas mulai bulan ini.

Pembayaran utilitas, dapat diartikan yakni pembayaran akibat utilitas oleh perusahaan seperti PDAM, listrik, telepon, internet dan gas.

Selain itu, Moon Jae-in tengah menyiapkan anggaran tambahan untuk dimintai persetujuan parlemen pada bulan depan.

"Warga menderita akibat virus corona dan mereka semua pantas diberi bantuan atas rasa sakit dan partisipasi mereka dalam upaya pencegahan," kata Moon.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X