Mengatasi Perut Buncit dengan Menjaga Pola Asupan, Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 29/03/2020, 18:30 WIB
ilustrasi perut gendut shutterstockilustrasi perut gendut

KOMPAS.com - Perut buncit merupakan salah satu masalah yang dimiliki sebagian banyak orang saat ini, baik perempuan, laki-laki, usia muda dan usia tua.

Tidak hanya mengganggu penampilan, perut yang menonjol ini juga sebenarnya bisa menjadi tanda bahkan pemicu adanya permasalahan kesehatan yang lainnya.

Keberadaan perut buncit seolah-olah sulit sekali untuk dihilangkan, Mengurangi porsi makan atau melakukan berbagai jenis olahraga juga belum tentu dapat menghilangkannya.

Baca juga: Karantina di Rumah Bisa Picu Perubahan Pola Makan, Apa yang Harus Diperhatikan?

Bisa diatasi

Dokter sekaligus Ahli Gizi Komunitas dr. Tan Shot Yen menyebut permasalahan ini sebenarnya bisa diatasi dengan menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang secara teratur dan rutin.

"Itu central obesity. Bisa (dihilangkan hanya dengan jaga pola makan sehat seimbang), dengan catatan belum kebablasan. Tapi butuh istiqomah loh ya," ujar dr. Tan kepada Kompas.com, Minggu (29/4/2020).

Sementara itu, mengutip penjelasan Pakar Gizi dan Keamanan Pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Ahmad Sulaeman dalam artikel Kompas.com sebelumnya (22/4/2018), ada sejumlah hal yang harus diperhatikan untuk memenuhi pola makan sehat dan seimbang.

Yaitu seseorang harus memenuhi kebutuhan kalori yang dibutuhkannya. Kebutuhan kalori ini sangat ditentukan oleh usia, jenis kelamin, berat badan, dan sebagainya.

Untuk memenuhinya, seseorang harus mengonsumsi makanan yang beragam dan lengkap. Tidak bisa hanya mengandalkan salah satu sumber saja.

Baca juga: Negara Mana Saja yang Belum Melaporkan Kasus Positif Virus Corona?

Makanan lengkap

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X