Kompas.com - 28/03/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi virus corona di Singapura ShutterstockIlustrasi virus corona di Singapura

KOMPAS.com - Selain China yang mengunci pusat awal penyebaran virus corona di Hubei pada akhir Januari lalu, Korea Selatan, Singapura, dan Taiwan adalah tiga negara yang sering dibicarakan keberhasilannya dalam menekan penyebaran wabah.

Taiwan bergerak lebih awal dengan melarang penerbangan dari China. Sementara, Singapura juga melarang penerbangan dari China.

Sebelumnya, Singapura merupakan negara yang paling terdampak kondisi ekonominya dengan penyebaran virus corona baru yang dikenal sebagai SARS-CoV-2 ini.

Semua orang yang terbang ke Singapura wajib menjalani pemeriksaan kesehatan dan karantina, baik untuk urusan bisnis maupun pariwisata.

Per Jumat (27/3/2020), Singapura mengonfirmasi 683 kasus dari wabah ini dan hanya dua orang yang dilaporkan meninggal dunia karena komplikasi pernapasan dari Covid-19 ini.

Tingkat kematian Covid-19 di Singapura disebut sebagai yang terbaik, yaitu hanya 0,3 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Wabah Virus Corona, Tommy Kurniawan Ogah Panic Buying

Apa yang dilakukan Singapura?

Melansir Forbes, Kementerian Kesehatan dan pihak Kepolisian Singapura bekerja sama mengidentifikasi kasus Covid-19 sedini mungkin dan mengarantina individu tersebut beserta anggota keluarganya.

Kementerian Perhubungan dijadikan sebagai titik tunggal untuk seluruh permintaan pasokan medis seperti masker bedah. Sementara itu, Kementerian Komunikasi menyebarkan informasi yang terpusat dan cepat kepada publik melalui papan iklan, TV, dan iklan media sosial.

Kementerian Pendidikan Singapura juga telah siap dengan pendidikan secara online pada waktu seperti ini untuk berjaga-jaga.

Mereka tidak menutup sekolah, tetapi siswa terus diingatkan untuk melakukan social distancing dan diberlakukan pemeriksaan kesehatan secara acak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X