405.000 Warga Inggris Mendaftar Jadi Relawan untuk Atasi Virus Corona

Kompas.com - 26/03/2020, 12:11 WIB
Boris Johnson WikipediaBoris Johnson

KOMPAS.com - Sekitar 405.000 warga Inggris telah memenuhi panggilan pemerintah untuk menjadi relawan dan membantu layanan kesehatan masyarakat (National Health Service) dalam mengatasi virus corona.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, dalam sebuah jumpa pers harian, mengatakan, ada lonjakan besar dalam penawaran bantuan selama 24 jam terakhir.

Bahkan, permintaan itu melebihi target pemerintah sebanyak 250.000 relawan.

"Ketika kami mengumumkannya tadi malam, kami berharap mendapat 250.000 relawan dalam beberapa hari," kata Johnson, dilansir dari Independent, Kamis (26/3/2020).

"Tapi, aku bisa memberitahu kalian bahwa dalam 24 jam, sebanyak 405.000 orang telah menanggapi panggilan itu," lanjut dia.

Pasukan relawan akan mengirimkan persediaan, mengantar pasien pulang dari rumah sakit serta melakukan panggilan telepon rutin untuk memeriksa orang-orang rentang yang tengah menjalani isolasi.

Baca juga: Pangeran Charles Positif Covid-19, Alami Gejala Ringan, dan Isolasi Diri di Skotlandia

Profesional kesehatan dan pekerja sosial dapat meminta bantuan para relawan untuk membantu pasien berisiko melalui pusat layanan yang dikelola oleh Royal Voluntary Service (RVS).

Nantinya, RVS akan mencocokkan orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan relawan yang berada di lokasi terdekat.

"Mereka akan sangat penting dalam perang melawan virus ini. Mereka sudah siap, jumlahnya bahkan setara dengan populasi Coventry," kata Johnson.

"Untuk kalian semua dan mantan staf NHS yang kembali ke dalam layanan, saya ucapkan terima kasih atas nama negara," tambah dia.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X