Penanganan Covid-19 dan yang Bisa Dipelajari dari Pandemi Flu Spanyol pada 1918...

Kompas.com - 23/03/2020, 08:19 WIB
Pasien dengan gejala ringan virus corona COVID-19 menjalani perawatan di sebuah pusat pameran yang diubah menjadi rumah sakit darurat di Wuhan, Hubei, China (17/2/2020). Data hingga Rabu (19/2/2020) ini, korban meninggal akibat virus corona di China sudah mencapai 2.000 orang setelah dilaporkan 132 kasus kematian baru. AFP/STR/CHINA OUTPasien dengan gejala ringan virus corona COVID-19 menjalani perawatan di sebuah pusat pameran yang diubah menjadi rumah sakit darurat di Wuhan, Hubei, China (17/2/2020). Data hingga Rabu (19/2/2020) ini, korban meninggal akibat virus corona di China sudah mencapai 2.000 orang setelah dilaporkan 132 kasus kematian baru.

KOMPAS.com - Penanganan wabah virus corona jenis baru penyebab Covid-19 saat ini, ada yang mengadopsi apa yang dilakukan saat terjadi pandemi Flu Spanyol pada 1918.

Tindakan yang diambil sejumlah negara saat ini merupakan warisan dari penanganan Flu Spanyol lebih dari 100 tahun lalu.

Cara penanganannya dipercaya masih efektif dan baik untuk diterapkan kembali.

Cara itu, di antaranya, mengarantina orang-orang yang menunjukkan gejala, memisahkan kasus demi kasus, membatasi pergerakan masyarakat, dan beberapa langkah lainnya.

Semua itu dilakukan untuk mnghentikan laju penularan virus.

Baca juga: Update Virus Corona di Dunia: 331.273 Orang Terinfeksi, 97.847 Orang Sembuh

Flu Spanyol juga ditetapkan sebagai pandemi global

Flu Spanyol terjadi tak lama setelah Perang Dunia I, sekitar awal abad ke-20.

Saat itu, penyakit yang menjadi pandemi global ini menewaskan lebih dari 50 juta orang.

Dilansir dari CNN, 3 Maret 2020, Flu Spanyol diperkirakan bermula dari barak-barak militer yang sempit dan kotor di Western Front, terutama pada parit di sepanjang perbatasan Perancis.

Kondisi itu membuat patogen penyakit semakin mudah berkembang dan tersebar.

Apalagi, setelah perang berakhir pada November 1918, para tentara kembali ke rumah masing-masing dengan membawa serta virus tersebut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X