Stok Sarung Tangan Habis, Dokter di Italia Meninggal akibat Terinfeksi Corona

Kompas.com - 20/03/2020, 20:05 WIB
Ilustrasi dokter millionsjokerIlustrasi dokter

KOMPAS.com - Seorang dokter yang sehari-hari bekerja di kota Codogno, Italia, Marcello Natali (57) dinyatakan meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona pada Rabu (18/3/2020).

Marcello Natali telah dirawat di rumah sakit di Cremona sebelum dipindahkan ke Milan setelah menderita pneumonia ganda akibat virus corona.

Dalam salah satu wawancara terakhir kepada Euronews sebelum yang bersangkutan diuji untuk Covid-19 , Natali mengatakan dia harus bekerja tanpa sarung tangan.

"Stok mereka sudah habis," katanya.

Baca juga: Berikut Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Lima Bahan Sederhana

14 dokter dikarantina

Natali menjelaskan bahwa di Codogno dan kota terdekat, Casele, sebanyak 14 dokter dari 35 dokter berada di karantina atau dirawat di rumah sakit pada 28 Februari 2020.

Diketahui, Italia pertama kali melaporkan adanya kasus pertama virus corona pada minggu ketiga Februari 2020, di mana saat itu kasus-kasus terdeteksi di Tuscany, Liguria, Sisilia, dan Lombardy.

Natali mengungkapkan bahwa pihak medis belum siap untuk menghadapi virus corona.

"Kami tidak siap untuk virus corona. Sebagai dokter di era pasca-antibiotik, kami tumbuh dengan berpikir bahwa pil dapat melawan semuanya, dan kami rasa sudah cukup," kata dia.

Kematian Natali dikonfirmasi oleh perwakilan dari Federasi Dokter Umum Italia, yang mengatakan bahwa ia juga menderita pneumonia ganda akibat virus corona.

"Ini perang," ujar perwakilan tersebut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X