Cara Sederhana Mencegah Penyebaran Covid-19 di Tempat Kerja Versi WHO

Kompas.com - 17/03/2020, 16:03 WIB
Presiden Jokowi melakukan rapat terbatas dengan sejumlah menteri menggunakan fasilitas video conference, Senin (16/3/2020). Langkah ini diambil demi mengantisipasi peredaran virus corona. Instagram @JokowiPresiden Jokowi melakukan rapat terbatas dengan sejumlah menteri menggunakan fasilitas video conference, Senin (16/3/2020). Langkah ini diambil demi mengantisipasi peredaran virus corona.

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) menyatakan wabah virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2 menjadi tingkat pandemik pada Rabu (11/3/2020) lalu.

Adapun kenaikan tingkat penyebaran ini diumumkan ketika jumlah kasus terinfeksi virus corona mencapai lebih dari 100.000 kasus secara global.

Diketahui, penyebaran virus corona menjadi masif lantaran virus ini dapat menular antar-manusia melalui droplet dari pasien.

Baca juga: Berikut Protokol Kesehatan jika Alami Gejala Virus Corona

Kemudian, seseorang juga dapat tertular virus corona ketika berada cukup dekat dengan penderita yang menghirup droplet dari batuk atau saat bersin.

Sebagian kasus, orang dengan virus corona tidak memunculkan gejala apa pun.

Meski begitu, apabila kita hendak melakukan aktivitas rutin, seperti pergi bekerja di kantor atau menghadiri suatu acara, bagaimana upaya pencegahannya? Berikut saran dari WHO:

Pencegahan di tempat kerja

Dilansir dari situs resmi WHO, www. who.int, ada sejumlah cara sederhana untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tempat kerja (bagi Anda yang kantornya tidak menerapkan aturan work from home).

1. Pastikan tempat kerja Anda bersih dan higienis. Hal ini dapat dilakukan dengan rutin membersihkan meja dengan disinfektan. Sebab meja kerja menjadi media utama yang sering disentuh pegawai lain.

2. Gencarkan tindakan cuci tangan dengan menempatkan wadah hand sanitizer di tempat-tempat yang sering dikunjungi orang.

3. Gencarkan tindakan menjaga kebersihan saluran pernafasan dengan memakai masker bagi pegawai yang merasa sakit batuk atau pilek agar droplet tidak menular ke orang lain

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X