4 Hari Dikira Pneumonia, Seorang Pengacara di New York Positif Virus Corona

Kompas.com - 13/03/2020, 12:58 WIB
Orang-orang dan petugas kesehatan memakai masker wajah pelindung di luar rumah sakit di Padua, wilayah Veneto, Italia utara  EPA-EFE/NICOLA FOSSELLA NICOLA FOSSELLAOrang-orang dan petugas kesehatan memakai masker wajah pelindung di luar rumah sakit di Padua, wilayah Veneto, Italia utara EPA-EFE/NICOLA FOSSELLA

KOMPAS.com – Seorang pengacara berusia 50 tahun di New York dilaporkan positif mengidap Covid-19 usai 4 hari dirawat di kamar biasa.

Dokter mengira yang bersangkutan hanya mengalami pneumonia biasa. 

Penemuan kasus positif pada pengacara Lawrence Garbuz pada 2 Maret itu menjadi indikasi pertama bahwa virus itu telah beredar di New York melalui penyebaran komunitas.

Hasil penelusuran terhadap kasus Garbuz menunjukkan, bahwa satu kasus yang tak terdiagnosis dapat menimbulkan malapetaka di rumah sakit dan menyebarkan kecemasan di seluruh wilayah.

Baca juga: Jadi Pandemi Global, Kenali 3 Gejala Awal Covid-19

Garbuz sendiri diketahui berasal dari New Rochelle, New York dan belum melakukan perjalanan ke negara-negara yang terindikasi.

Melansir dari New York Times, saat dirawat di Lawrence Hospital, NY, Garbuz melakukan kontak dengan puluhan dokter dan perawat, para pekerja yang membawa makananannya, membersihkan kamarnya, portir yang membantu memindahkan barang dan teknisi yang memastikan ventilator bekerja.

Termasuk-beberapa pasien yang ia temui.

Awal kasus

Garbuz tiba di Rumah Sakit Lawrence pada 27 Februari 2020. Hasil diagnosis awal menyatakan yang bersangkutan mengalami pneumonia.

Ia awalnya dirawat di kamar lantai lima rumah sakit, tapi kemudian dipindah ke kamar lain.

Saat kesehatannya semakin memburuk, Garbuz dipindahkan ke unit perawatan kritis lantai tiga.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X