Update 16 WNI Terinfeksi Corona di Luar Negeri, 9 Dinyatakan Sembuh

Kompas.com - 12/03/2020, 18:03 WIB
Warga menggunakan masker setelah melewati jembatan penyebrangan orang (JPO) dari stasiun Palmerah di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Presiden Joko Widodo mengimbau warga untuk tidak panik, tetapi tetap waspada dengan tetap higienis serta menjaga imunitas tubuh usai mengumumkan dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona yang saat ini dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso, Jakarta. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGWarga menggunakan masker setelah melewati jembatan penyebrangan orang (JPO) dari stasiun Palmerah di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Presiden Joko Widodo mengimbau warga untuk tidak panik, tetapi tetap waspada dengan tetap higienis serta menjaga imunitas tubuh usai mengumumkan dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona yang saat ini dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melalui akun Instagram @savetravel.kemlu menampilkan data terbaru mengenai penanganan WNI yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona di luar negeri.

Dari data yang diunggah pada Kamis (12/3/2020) siang, total WNI terinfeksi yang ada di luar negeri adalah 16 orang.

Data sebelumnya, Senin (9/3/2020) jumlahnya masih ada di angka 13 orang, dengan rincian 9 di Jepang, 3 di Singapura, dan 1 di Taiwan.

Namun, saat ini terjadi tambahan yakni 2 kasus di Singapura menjadi 5 kasus, dan 1 temuan baru di Australia.

Dari ke-16 WNI tersebut, 9 sudah dinyatakan sembuh, 1 dalam perawatan khusus, dan 6 lainnya dalam kondisi stabil.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, AS Keluarkan Larangan Perjalanan dari 26 Negara Eropa Per Jumat Esok

Berikut ini rinciannya:

Jepang

Seluruh WNI yang mengidap Covid-19 merupakan anak buah kapal Diamond Princess yang sebelumnya dikarantina di Yokohama, karena menjadi salah satu pusat persebaran virus.

Mereka semuanya menjalani perawatan di rumah sakit di Jepang.

Dan kini, 8 di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Hal ini disampaikan Kemenlu melalui akun Twitter-nya @kemlu_ri.

"#SahabatKemlu, berikut update Perkembangan COVID-19 di Dunia dan Pelindungan WNI per 11/03 pukul 18.00 WIB. 8 WNI telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 di luar negeri," tulis akun tersebut.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X