Viral Video Kondisi Hati Bermasalah Diduga akibat Sering Konsumsi Alkohol

Kompas.com - 12/03/2020, 15:38 WIB
Tangkapan layar sebuah organ hati atau liver yang mengalami permasalahan. TwitterTangkapan layar sebuah organ hati atau liver yang mengalami permasalahan.

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan organ hati atau liver yang mengalami permasalahan beredar di media sosial Twitter pada Minggu (8/3/2020).

Adapun pengunggah yakni akun bernama Mas Sender @bukandeng pun turut memberikan narasi bahwa kondisi liver tersebut bermasalah diduga akibat sering mengonsumsi alkohol.

" Liver orang yang sering minum alkohol," tulis akun @bukandeng dalam twitnya.

Baca juga: Viral, Cerita Driver Ojol Nikahi Penumpangnya Setelah PDKT 4 Bulan

Tak hanya itu, dalam video berdurasi 24 detik ini, terlihat dokter bedah memotong liver tersebut dan memperlihatkan bagian dalam dari organ yang memiliki kemampuan detoksifikasi tersebut.

Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak lebih dari 4.100 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 9.000 kali oleh pengguna Twitter yang lain.

Lantas, benarkah kondisi bermasalah dari liver tersebut merupakan akibat dari seringnya seseorang mengonsumsi alkohol?

Baca juga: Viral Siswi SMA Bawa Mobil Range Rover hingga Sosor Pengemudi Ojol di Sleman

Sirosis hati

Menanggapi hal itu, dokter spesialis penyakit dalam, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH menjelaskan, liver yang terpampang dalam video tersebut sudah berada dalam kondisi sirosis.

Sirosis hati merupakan kerusakan hati kronis dari berbagai penyebab yang mengarah pada jaringan parut dan gagal hati.

"Jadi, ada orang minum alkohol, dan itu bisa mengalami pengerasan liver atau sirosis bahkan sampai kanker liver," ujar Ari yang juga menjabat sebagai Dekan dari Fakultas Kedoteran Universitas Indonesia (FKUI) kepada Kompas.com, Kamis (12/3/2020).

Menurutnya, kondisi kerusakan hati seperti itu juga dapat terjadi bagi penderita hepatitis B atau hepatitis C.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X