Selain Covid-19, Ini 5 Penyakit yang Pernah Jadi Pandemi dan Berhasil Diatasi

Kompas.com - 12/03/2020, 13:57 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) China ShutterstockIlustrasi virus corona (Covid-19) China

KOMPAS.com - WHO menetapkan wabah virus corona jenis baru atau SARS-CoV2 penyebab Covid-19 sebagai pandemi global.

Penetapan tersebut disampaikan langsung Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers, Rabu (11/3/2020).

Keputusan itu diambil seiring meningkatnya kasus di luar China hingga 13 kali lipat dan banyaknya negara yang terinfeksi.

Hingga Kamis (12/3/2020), sebanyak 121 negara dan wilayah telah mengonfirmasi kasus positif virus corona.

"Dalam beberapa hari atau pekan mendatang, kita akan melihat peningkatan jumlah kasus, kematian, hingga negara terinfeksi yang jauh lebih tinggi," kata Tedros.

Penetapan status pandemi global ini bukan kali pertama dilakukan, sejumlah wabah virus di masa lalu juga pernah ditetapkan sebagai pandemi.

Baca juga: China Kirim Tim dan Peralatan Medis ke Italia untuk Bantu Atasi Virus Corona

Melansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut 5 penyakit yang pernah ditetapkan sebagai pandemi global:

1. Influenza 1918 atau Flu Spanyol

Pandemi influenza 1918 merupakan pandemi paling parah di era modern. Penyakit itu disebabkan oleh virus H1N1 dengan gen asal burung.

Meskipun tidak ada pernyataan mengenai dari mana virus itu berasal, penyakit itu menyebar ke seluruh dunia selama 1918-1919.

Diperkirakan, sekitar 500 juta orang atau sepertiga populasi dunia terinfeksi virus ini dengan jumlah kematian setidaknya 50 juta di seluruh dunia.

Di Amerika Utara, flu pertama kali muncul di Kansas pada awal 1918, selanjutnya di Eropa pada musim semi.

Pada musim semi 1918 di Madrid, flu menyebabkan pandemi sehingga disebut "Flu Spanyol."

Pada Oktober 1918, ratusan ribu orang di Amerika Serikat meninggal dunia.

Kematian tinggi menimpa pada manusia berusia kurang dari 5 tahun, 20-40 tahun, dan 65 tahun ke atas. Inilah yang membuat influenza Spanyol ini termasuk penyakit yang unik.

Tanpa adanya vaksin dan obat antibiotik, upaya pengendalian di seluruh dunia hanya mengandalkan isolasi, karantina, penggunaan disinfektan, dan batasan pertemuan publik.

Baca juga: Timeline Wabah Virus Corona, Pertama Kali Diidentifikasi di Wuhan hingga Jadi Pandemi Global

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X