Kompas.com - 12/03/2020, 06:35 WIB
Vaksi virus corona SARS-CoV-2 masih diuji coba sampai dipatenkan. EPA-EFE/CJ GUNTHER CJ GUNTHERVaksi virus corona SARS-CoV-2 masih diuji coba sampai dipatenkan. EPA-EFE/CJ GUNTHER

KOMPAS.com - Sekitar 20 kandidat vaksin virus corona sedang dikembangkan untuk mengatasi penyakit Covid-19 yang telah dinyatakan sebagai pandemi global oleh WHO.

Sampai dengan Rabu (11/3/2020) Covid-19 menginfeksi 121.564 dan menewaskan 4.373 di seluruh dunia. 

Vaksi itu di antaranya dikembangkan oleh oleh lembaga penelitian dan perusahaan farmasi Amerika Johnson & Johnson dan Sanofi SA Perancis.

Pemerintah AS sendiri telah mengalokasikan lebih dari 3 miliar dollar untuk mengatasi virus corona dan vaksin virus corona.

Sementara itu, perusahaan bioteknologi Moderna Inc, yang bekerja dengan National Institutes of Health (NIH) yang didanai AS, disebut-sebut yang terdekat dengan pengujian vaksi virus corona pada manusia.

Baca juga: Diminta Segera Temukan Vaksin Covid-19, Para Ahli Debatkan Risiko

Uji coba ke manusia

Moderna, seperti dikutip dari Reuters, mengumumkan rencana untuk memulai uji coba dengan 45 orang di Seattle bulan Maret ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengujian untuk risiko spesifik peningkatan vaksin pada hewan akan dilanjutkan bersamaan dengan uji coba pada manusia.

Rencana tersebut konsisten dengan konsensus WHO dan persyaratan Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA), kata Dr Emily Erbelding, direktur Divisi Mikrobiologi dan Penyakit Menular dari Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID), bagian dari NIH.

Percobaan itu diperkirakan akan memakan waktu 14 bulan, kata seorang juru bicara NIH.

Dr Gregory Poland, seorang ahli virologi dan peneliti vaksin dengan Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, menyatakan keraguan tentang rencana percobaan vaksi kepada manusia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X