Kompas.com - 11/03/2020, 13:58 WIB
Seorang pria memakai masker berjalan dengan anjingnya di Duomo Square, Milan, Italia. Kebijakan karantina diterapkan di seluruh Italia mulai 10 Maret sampai 3 April 2020. FLAVIO LO SCALZO/REUTERSSeorang pria memakai masker berjalan dengan anjingnya di Duomo Square, Milan, Italia. Kebijakan karantina diterapkan di seluruh Italia mulai 10 Maret sampai 3 April 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar RI di Roma menyampaikan perkembangan terkini di Italia pasca ditetapkannya kebijakan kontrol yang sangat ketat di seluruh wilayah negara itu.

Kebijakan ini dikeluarkan setelah kasus virus corona jenis baru penyebab Covid-19 semakin meningkat dan menyebar luas di Italia.

Berdasarkan keterangan tertulis KBRI Roma yang diterima Kompas.com, Rabu (11/3/2020) pagi, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte telah menandatangani dekrit (keputusan) untuk pemberlakuan kontrol yang lebih ketat di seluruh Italia. 

Dekrit ini pada intinya memberlakukan ketentuan dekrit yang telah dikeluarkan pada 8 Maret 2020 dan ketentuan tersebut berlaku pada Selasa (10/3/2020).

Baca juga: Italia Tutup Sejumlah Wilayah, Bagaimana WNI yang Ada di Sana?

Ketentuan itu di antaranya:

  • Mengatur penghentian dan penundaan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak di ruang publik.
  • Penghentian seluruh kegiatan kompetisi olahraga.
  • Penutupan museum dan perpustakaan.
  • Layanan transportasi umum masih disediakan dengan volume yang "disesuaikan". Semua penumpang diminta mematuhi ketentuan yang berlaku, termasuk jarak aman antar-penumpang (1 meter).
  • Penutupan sekolah pada seluruh jenjang, termasuk universitas diperpanjang hingga 3 April 2020.

Perpindahan orang atau perjalanan hanya diperbolehkan untuk keperluan bekerja, atau kegiatan yang benar-benar penting, seperti belanja kebutuhan sehari-hari dan keperluan lain karena alasan kesehatan.

Pemerintah Italia akan mengenakan denda ataupun ancaman pidana terhadap pihak-pihak yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan tersebut.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, Italia Karantina Seperempat Warganya hingga 3 April

Imbauan KBRI Roma

KBRI Roma juga telah mengeluarkan imbauan yang menyarankan WNI untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Italia.

WNI di Italia diminta untuk tetap tenang, meningkatkan kewaspadaan, dan mengikuti ketentuan Pemerintah Italia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.