Jadwal UTBK Berubah! Cek Jadwal, Biaya, dan Cara Memilih Jurusan

Kompas.com - 10/03/2020, 07:00 WIB
Perubahan Jadwal UTBK LTMPTPerubahan Jadwal UTBK

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau tes masuk ke perguruan tinggi negeri tahun ini akan diadakan dua tahap, yakni tahap I dan tahap II.

Ada hal-hal yang perlu dicermati terkait perubahan jadwal.

Staf Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Anwar Effendy menjelaskan, semula UTBK dijadwalkan diadakan dilaksanakan sekali, tetapi tahun ini akan diadakan dua kali seperti tahun lalu.

"Tahun lalu dua kali, karena hasil analisis, antara Tes 1 dan Tes 2 hasilnya tidak jauh berbeda," ungkapnya kepada Kompas.com, Senin (9/3/2020).

Hal itu diatur dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tertanggal 24 Januari 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Perguruan Tinggi Negeri.

Pada Bab II Pasal 2 butir C disebutkan, penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN dilaksanakan dengan prinsip fleksibel.

Artinya, diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh paling banyak dua kali UTBK.

Sehubungan dengan hal tersebut, LTMPT mengadakan UTBK dua tahap tahun ini dengan jadwal sebagai berikut:

  1. Pendaftaran UTBK Tahap I: 30 Maret-11 April
  2. Pendaftaran UTBK Tahap II: 14-16 April
  3. Tes UTBK Tahap I: 20-26 April
  4. Tes UTBK Tahap II: 1-3 Mei

Baca juga: Lembaga Ini Tawarkan Beasiswa Kursus Gratis Persiapan UTBK 2020

Bagaimana dengan biayanya?

Peserta yang memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran jika mengikuti satu UTBK saja, baik pada tahap I maupun II.

Namun, jika ikut untuk kedua kalinya dikenai biaya sebesar:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X