Arab Saudi Konfirmasi 4 Kasus Baru Virus Corona, Ini Wilayah yang Dikunci

Kompas.com - 09/03/2020, 14:10 WIB
Petugas kebersihan dengan peralatan lengkap sedang membersihkan area Kakbah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Selasa (3/3/2020). Ganoo Essa/REUTERSPetugas kebersihan dengan peralatan lengkap sedang membersihkan area Kakbah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Selasa (3/3/2020).

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan empat kasus baru virus corona pada Senin (9/3/2020) melalui akun Twitter-nya.

Kasus pertama merupakan seseorang yang pernah melakukan kontak dengan pasien sebelumnya di Kota Qatif, Provinsi asy-Syarqiyah, Arab Saudi.

Kasus kedua dan ketiga menimpa dua orang perempuan berpaspor Bahrain yang datang dari Irak dengan tujuan Bahrain.

Sementara kasus keempat merupakan seorang warga AS yang tinggal di Arab Saudi. Ia diketahui pernah melakukan perjalanan ke Filipina dan Italia.

Tiga kasus pertama kini tengah diisolasi di Rumah Sakit Qatif, sedangkan kasus terakhir ditempatkan di Rumah Sakit Riyadh.

Dengan tambahan empat kasus itu, Arab Saudi memiliki total 15 kasus virus corona.

Baca juga: Berikut Perkembangan Terkini Kasus Virus Corona di 16 Negara Timur Tengah

Penguncian Kota Qatif

Gulf News memberitakan, Arab Saudi telah memberlakukan penguncian sementara sejak Minggu (8/3/2020) di daerah Qatif.

Qatif merupakan wilayah penghasil minyak di bagian timur Arab Saudi, sekaligus rumah bagi 11 pasien virus corona di Negara Petrodollar itu.

Selain mengunci Qatif, pemerintah juga menangguhkan aktifitas sekolah dan univiersitas di seluruh negeri, terhitung sejak Senin ini.

Pihak berwenang Saudi sebelumnya mengatakan bahwa mereka yang terinfeksi memiliki riwayat perjalanan ke Iran baru-baru ini.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X