46 Penghuni Apartemen di Korea Selatan Terinfeksi Virus Corona, Berkaitan dengan Gereja Shincheonji

Kompas.com - 08/03/2020, 18:20 WIB
Imbauan Kemenlu RI untuk WNI di Korea Selatan Instagram: @safetravel.kemluImbauan Kemenlu RI untuk WNI di Korea Selatan

KOMPAS.com - Sebanyak 46 penghuni apartemen di Daegu, kota yang menjadi pusat wabah virus corona di Korea Selatan, dipastikan telah terjangkit virus itu.

Semua 46 pasien yang dikonfirmasi dari blok apartemen adalah pengikut sekte agama dan dirawat di rumah sakit atau pusat perawatan masyarakat untuk dikarantina, menurut Pemerintah Metropolitan Daegu.

Melansir Korea Herald, (8/3/2020), pihak berwenang Daegu menghadapi kritik atas kegagalan mereka mendeteksi tanda-tanda awal hubungan penyebaran virus corona dengan kompleks apartemen.

Di apartemen tersebut 94 dari 140 penduduknya adalah pengikut Gereja Shincheonji Yesus, kelompok yang menyumbang 64 persen dari total infeksi virus corona di negara itu.  

Pada 19 Februari, salah satu penghuni apartemen dikonfirmasi positif virus corona dan lebih banyak kasus dikonfirmasi di apartemen tersebut baru-baru ini.

Baca juga: Taiwan Berhasil Tekan Penyebaran Virus Corona, Bagaimana Caranya?

 

Pada Rabu (4/3/2020), Otoritas Kesehatan Daegu membuka studi epidemiologi pada penduduk di apartemen. 

Hasilnya, dari 140 penduduk, 80 orang dinyatakan negatif dan 14 orang menunggu hasilnya pada Minggu (8/3/2020) sore, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea.

Pasien yang dikonfirmasi positif virus corona diinstruksikan untuk mengisolasi diri atau dirawat di rumah sakit atau pusat karantina masyarakat, menurut pemerintah Kota Daegu.

Pada Sabtu (8/3/2020), kompleks apartemen telah diisolasi. 

Baca juga: Update WNI Terinfeksi Virus Corona: 12 WNI Terkena Covid-19, 7 Berhasil Sembuh

Apartemen untuk pekerja belum menikah

Korea Selatan sejauh ini melaporkan 7.313 kasus hingga Minggu (8/3/2020) sore, dengan 9 dari 10 di antaranya di Daegu dan Provinsi Gyeongsang Utara.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X