Kompas.com - 07/03/2020, 14:24 WIB
Ditemukan 21 kasus positif infeksi virus corona di Kapal Grand Princess, dekat California, Amerika Serikat. AP/Michele SmithDitemukan 21 kasus positif infeksi virus corona di Kapal Grand Princess, dekat California, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence mengumumkan, ada 21 orang di atas Kapal Pesiar Grand Princess yang positif terinfeksi virus corona.

Hal itu diumumkan Pence pada Jumat (6/3/2020).

Angka ini membuat jumlah kasus positif corona di wilayah bagian barat Amerika itu meningkat secara signifikan.

Melansir The New York Times, 19 di antara 21 orang yang terinfeksi merupakan awak dari kapal yang baru saja kembali dari perjalanannya ke Hawaii, sementara 2 lainnya adalah penumpang.

Kapal yang membawa lebih dari 3.500 orang ini sekarang disandarkan di sebuah pelabuhan non-komersial yang ada di San Francisco.

Baca juga: Update Virus Corona 7 Maret: Lebih dari 100.000 Orang Terinfeksi, 54,9 Persen Sembuh

Dalam keterangannya, Pence menyebutkan, Pemerintah AS akan mengetes semua penumpang maupun awak yang ada di kapal itu untuk memastikan apakah turut terinfeksi virus atau tidak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami akan menguji semua orang yang ada di kapal. Kami juga akan melakukan karantina apabila dibutuhkan," kata Pence.

Sebagian besar dari mereka merupakan warga California dan saat ini masih mengamankan diri mereka di kabin kapal, semenjak perintah isolasi dikeluarkan.

Jika mengacu pada jadwal, melansir pemberitaan CNN, Sabtu (7/3/2020), kapal ini sesungguhnya akan diberangkatkan dari San Francisco menuju Hawaii dengan lama perjalanan mencapai 2 minggu.

Namun, rencana pemberhentian di Meksiko dibatalkan dan dialihkan kembali ke San Francisco pada Rabu (4/3/2020) setelah mengetahui adanya kabar penumpang sebelumnya yang meninggal aibat virus corona.

Baca juga: [POPULER TREN] Peringatan WHO soal Corona | Cara Cek Hasil SKD | Situasi Kabah

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.